Serba-Serbi Meditasi Vipassana | Breaktime
Serba-Serbi Meditasi Vipassana
07.11.2016

B’Timers, rutinitas hidup baik di lingkungan sosial maupun lingkungan kerja tidak jarang membebani Anda dengan berbagai macam beban dan energi negatif. Energi negatif yang menumpuk tidak jarang membuat jiwa Anda resah dan tidak tenang dan pada akhirnya membuat Anda menjadi stres dan tidak jarang membuat Anda menderita depresi.

Untuk mencegah rasa penat dan stres yang berkelanjutan, ada baiknya Anda melakukan aktivitas-aktivitas yang berfungsi untuk melepas energi-energi negatif tersebut. Baik melalui olahraga maupun berekreasi bersama keluarga. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki waktu yang cukup luang untuk melakukan kegiatan olahraga maupun rekreasi. Dan bagi Anda dengan kesibukan kerja yang padat, Anda dapat menggunakan metode meditasi yang dapat Anda lakukan selama beberapa menit untuk menjernihkan pikiran dan mengusir energi-energi negatif. Salah satu jenis meditasi yang dapat Anda praktekkan adalah meditasi Vipassana. 

Serba-Serbi Meditasi Vipassana  | Breaktime
Tidak ada salahnya mencoba meditasi ini, B’Timers!

Meditasi Vipassana adalah salah satu teknik meditasi tertua yang berasal dari dataran India. Meditasi ini konon dipraktekkan kembali oleh Buddha Gautama selama lebih dari 2500 tahun yang lalu, dan semenjak itu beliau menurunkan ilmu meditasi tersebut kepada para murid-muridnya sebagai cara untuk mencabut kekotoran mental yang menghinggapi dan menggerogoti hati manusia dan membantu Anda untuk mencapai kebahagiaan tertinggi.

Metode meditasi yang berpusat pada perbaikan diri dengan mengamati jauh ke dalam pribadi diri sendiri ini hanya dapat diikuti jika Anda mengikuti tata tertib yang berlaku dan menjalani tiga tahap pelatihan, yaitu antara lain Anda harus menghindari perbuatan-perbuatan seperti membunuh, mencuri, aktivitas seksual, berbohong dan mengkonsumsi minuman dan makanan yang memabukkan. Hal tersebut berfungsi untuk memurnikan dan menenangkan pikiran.

Tahap berikutnya adalah memusatkan perhatian padaa aliran nafas saat Anda menghirup dan menghembuskan udara yang bertujuan untuk mengembangkan penguasaaan atas pikiran Anda sendiri.  Dan tahap berikutnya adalah dengan mengamati perasaan pada tubuh, serta memahami sifat alami dari tiap anggota tubuh dan mengembangkan keseimbangan dan ketenangan mental dengan belajar untuk menahan diri agar tidak bereaksi terhadap mereka.

Latihan mental ini sangat berguna untuk mengontrol dan mengembangkan pemikiran yang positif sehingga Anda dapat menjadi orang yang lebih optimis dalam hidup. B’Timers tertarik untuk mencoba?  (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE