Tips menjadi Seorang Pemimpin dengan Cara Berbeda | Breaktime
Seorang Pemimpin Lakukan Hal-Hal Ini dengan Cara Berbeda
29.12.2015

Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah. Bahkan, bisa dibilang itu tugas dan tanggung jawab yang sangat sulit, B’timers. Apalagi jika harus memimpin dan mengarahkan banyak orang. Tahukah Anda apa yang paling penting dilakukan oleh seorang pemimpin? Yaitu melayani dan ikut bekerja bersama mereka yang dipimpin.

Ya, seorang pemimpin harus menjadi contoh yang nyata dan menginspirasi. Karena itulah, mereka punya cara yang berbeda dalam melakukan hal-hal ini. Apa saja?

Bersikap baik tanpa menjadi lemah

Ini salah satu sikap sekaligus skill yang harus dikuasai oleh seorang pemimpin. Tindakan seperti berkata jujur meski itu tidak enak, justru jauh lebih baik daripada melindungi orang yang salah. Seorang pemimpin akan melakukan kebaikan yang bisa membangun kepribadian.

Kuat tanpa harus bersikap kasar

Kekuatan juga sangat penting dimiliki oleh seorang pemimpin. Kuat di sini dalam arti mampu membuat keputusan yang sulit, dengan tetap mementingkan setiap orang dalam timnya. Bukan sikap mengontrol, namun kuat yang tenang, tegas dan membuat orang lain ikut kuat bersamanya.

Percaya diri namun tidak arogan

Seorang pemimpin dengan hati-hati menunjukkan percaya diri tanpa menjadi sombong dan arogan. Percaya diri adalah tentang passion dan keyakinan untuk mewujudkan sesuatu. Bahkan, rasa percaya diri yang positif ini bisa menjadi kebaikan yang menulari semua orang.

Tips menjadi Seorang Pemimpin dengan Cara Berbeda | Breaktime
Seorang pemimpin punya cara yang berbeda dalam berpikir dan bertindak

Bersikap positif namun tetap realistis

Bayangkan dalam sebuah kapal terdapat tiga orang, si pesimis, si optimis dan si pemimpin hebat. Saat angin besar tiba-tiba datang, si pesimis akan mengeluh, si optimis akan tetap tenang dan yakin semua akan baik-baik saja. Namun, si pemimpin akan berkata “kita bisa melakukannya!” dan tetap mengemudikan kapal dengan lebih hati-hati, terus maju. Kombinasi antara sikap positif dan realistis adalah pemicu kita untuk tetap maju.

Bukan panutan, bukan juga penceramah

Para pemimpin hebat menginspirasi lewat action mereka, dan bukan sekedar kata-kata. Banyak pemimpin yang pandai memotivasi, namun pemimpin yang sebenarnya memberi contoh nyata lewat tindakan setiap hari. Inilah yang menjadikan seseorang pemimpin berkualitas.

Rela mengambil resiko demi tim mereka

Pemimpin yang hebat akan melakukan apapun untuk tim mereka, dan akan selalu mendapat dukungan dari timnya. Mereka takkan menyalahkan siapapun, juga takkan menghindari resiko jika timnya melakukan kesalahan. Mereka mampu menerima kritikan di luar pandangan mereka.

Jadi, kepemimpinan yang baik adalah yang dinamis, menggabungkan sejumlah skill dalam satu kesatuan. Lakukan hal-hal di atas dan B’timers siap menjadi pemimpin yang hebat. (md)

Share This Article