Semangati Diri Sendiri dengan 5 ‘Ritual’ Ini | Breaktime
Semangati Diri Sendiri dengan 5 ‘Ritual’ Ini
16.04.2016

Semangat. Satu kata yang datang dan pergi begitu saja. Kata orang, semangat terbesar selalu datang dari dukungan orang-orang tercinta. Memang ada benarnya, namun bukan berarti Anda tak bisa menyemangati diri sendiri, kan? Nah, berikut ini adalah 5 “ritual” yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan energi positif dan semangat dalam diri.

Mencintai alam sekitar

Dunia mungkin sedang bergelut dengan perkembangan. Di sana-sini gedung-gedung pencakar langit dibangun dengan megahnya. Meski demikian, Anda tak boleh terlena dengan keindahan buatan manusia tersebut. Cintai alam sekitar Anda yang masih belum tersentuh perubahan. Lihat pohon di sekitar tempat tinggal Anda. Rawatlah dan perhatikan kehidupannya. Dengan tetap mencintai mother nature, energi baik akan tetap menghampiri. Ikut gerakan menanam pohon adalah ide yang bagus, B’timers!

Semangati Diri Sendiri dengan 5 ‘Ritual’ Ini  | Breaktime
Alam sekitar adalah penyemangat tiada henti

Bersih-bersih rumah

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Demikian juga dengan tempat tinggal Anda. Jika rumah Anda bersih, pikiran akan lebih jernih dan santai. Kumpulkan pakaian, buku-buku dan segala benda yang sudah tak terpakai untuk mereka yang membutuhkan. Well, itu adalah cara terbaik untuk memunculkan “ruang” dalam hati dan jiwa Anda agar tetap hidup.

Buang jauh-jauh hal negatif

Pikiran mempengaruhi emosi, emosi mempengaruhi pilihan. Itulah kenapa Anda harus selalu menjauhkan diri dari apapun yang negatif. Pikirkan baik-baik apa yang terjadi ketika Anda dikelilingi orang dengan pemikiran positif dan sebaliknya, saat Anda ada di lingkungan penuh hal buruk. Jadi, hati-hati dalam memilih film, buku, acara televisi dan pergaulan yang mengangkat semangat Anda, ya!

Buat basket of support

Pikirkan nama-nama orang atau apapun yang Anda rasa merupakan mood booster Anda. Tuliskan namanya dalam kertas terpisah dan masukkan dalam toples. Seminggu sekali, ambil satu kertas dan buka nama siapa yang tertulis di sana. Kirimkan surat padanya atau hubungi lewat telepon untuk membuat hari Anda jadi lebih bahagia.  Ya, ini bisa saja terdengar kekanakan. Namun percayalah bahwa “ritual” ini sangat bagus untuk membangkitkan energi.

Semangati Diri Sendiri dengan 5 ‘Ritual’ Ini  | Breaktime
Rasa bahagia selalu terhubung dengan orang tercinta

Bikin bunga harapan

Jika membuat pohon harapan terlalu sulit, bunga harapan adalah pilihan yang cantik. Tuliskan harapan-harapan Anda pada selembar kartu. Ikatkan dengan pita di bouquet bunga cantik tersebut. Lalu, kirimkan pada orang-orang yang Anda cintai, teman terdekat, atau bahkan orang yang baru Anda kenal. Tindakan sederhana ini akan membantu orang-orang tersebut meningkatkan mood yang baik. Tentu saja Anda akan tertular. Bukankah Anda akan ikut bahagia saat Anda sukses menyenangkan orang lain?

Jadi, selamat mencoba dan good luck ya, B’timers! (nap)

Share This Article