Selamat Hari Ibu Nasional, Love You Mom! | Breaktime
Selamat Hari Ibu Nasional, Love You Mom!
22.12.2015

Jika B’timers mengintip laman utama Google hari ini, maka akan mendapati Doodle dengan gambar animasi beberapa hewan dan juga ada manusia yang sedang bersama dengan anak mereka. Ternyata, Google tidak dengan sengaja membuat Doodle tersebut, karena pada tanggal 22 Desember 2012 ini, diperingati sebagai Hari Ibu.

Di pelbagai negara di dunia, tanggal perayaan Hari Ibu ini juga berbeda-beda. Contohnya saja seperti di Norwegia ditetapkan pada tanggal 14 Februari atau sama seperti ketika perayaan Hari Valentine, di Gerogia pada tanggal 3 Maret sampai dengan negara-negara Timur Tengah yang merayakannya pada tanggal 21 Maret. Akan tetapi secara umum, Mother’s Day internasional disepakati pada minggu kedua bulan Mei.

Namun kenapa di luar negeri, Mother’s Day diperingati setiap minggu kedua di bulan Mei sedangkan di Indonesia bulan Desember? Sebenarnya sih, yang muncul dan terpampang di laman pencarian Google adalah Hari Ibu nasional dan tentunya bukan yang dirayakan secara serempak oleh dunia internasional.

Selamat Hari Ibu Nasional, Love You Mom! | Breaktime
Tampilan Google Doodle hari ini (22/12)
Selamat Hari Ibu Nasional, Love You Mom! | Breaktime
Notifikasi dari Facebook terkait Hari Ibu

Dalam sejarahnya, Hari Ibu diperingati untuk mengingatkan jasa besar seorang ibu terhadap anak, suami dan keluarga. Perayaan nasional ini diawali saat diadakannya suatu perkumpulan para pejuang wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera yang kemudian mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada tanggal 22-25 Desember 1928, di Yogyakarta.

Uniknya, penetapan tanggal 22 Desember sebagai peringatan Hari Ibu baru diresmikan pada tahun 1938 atau pada saat dihelatnya Kongres Perempuan Indonesia III. Untuk lebih memperkuat tanggal tersebut, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden No 316 Tahun 1959 Tentang Hari Ibu Nasional.

Bertepatan dengan perayaan Hari Ibu ini, tidak hanya Google saja yang memberikan tanda berupa Doodle, namun juga situs jejaring sosial raksasa, Facebook, tak mau kalah. Walaupun mungkin tidak semua pengguna Facebook mendapatinya, namun tidak sedikit yang menemui sebuah notifikasi berupa reminder bahwa sekarang ini adalah Hari Ibu.

Sebenarnya sih, B’timers, Hari Ibu tidak hanya pada tanggal 22 Desember atau pada bulan Mei saja. Jika Anda memang memiliki rasa sayang terhadap sosok seorang ibu, maka jadikanlah setiap hari itu menjadi Hari Ibu and celebrate it everyday. (das)

Share This Article