Selain Buka Bersama, Ini Kebaikan Puasa Ramadan | Breaktime
Selain Buka Bersama, Ini Kebaikan Puasa Ramadan
24.06.2016

Bulan Ramadan tentu jadi saat yang paling ditunggu-tunggu umat muslim sedunia. Karena, di bulan ini ada ibadah puasa yang harus dijalankan penuh selama satu bulan, sebelum merayakan Lebaran. Nah, B’timers pasti banyak mendapat undangan untuk buka bersama, tahukah Anda bahwa buber alias buka bersama itu memberikan manfaat kesehatan? Selain buber, ini manfaat dan kelebihan puasa di bulan Ramadan.

Buka bersama untuk tingkatkan keharmonisan

Setelah menahan lapar, haus dan emosi selama seharian, berbuka tentu jadi penyegar dahaga dan tubuh. Selain itu, jika buka puasa dilakukan ramai-ramai, pasti akan menambah keharmonisan dan kebersamaan. Ini jelas bisa menyehatkan mental kita.

Membuat hati dan pikiran tenang dan tenteram

Saat puasa, semua aktivitas spiritual jelas ikut meningkat. Selain menambah intensitas beribadah, puasa juga membuat Anda merasa lebih tenang, hati dan pikiran pun tenteram. Buka bersama keluarga, berdoa dan mengendalikan hawa nafsu membuat perasaan jadi damai.

Selain Buka Bersama, Ini Kebaikan Puasa Ramadan | Breaktime
Puasa membantu mengatasi ketergantungan Anda

Membantu mengurangi ketergantungan

Tentu puasa membuat Anda lebih terbatasi, baik dalam hal makan, minum, menahan amarah dan lainnya. Termasuk merokok, ketika puasa intensitas merokok Anda juga akan ikut berkurang. Dan puasa akan membuat Anda sadar, bahwa berhenti dari kecanduan ternyata tak sesulit yang dibayangkan.

Membakar lemak dan menurunkan berat

Secara keseluruhan, asupan kalori berkurang selama Ramadan. Tentu ini terjadi jika Anda tak “balas dendam” saat buka dengan makan berlebihan. Jika Anda bisa menjaga pola makan dengan baik, pasti Anda akan makan lebih sedikit dan sekaligus menurunkan berat badan.

Nah, ternyata puasa punya banyak manfaat untuk kesehatan, ya? Dan buka bersama bisa jadi salah satu cara seru untuk menambah kebersamaan, baik dengan keluarga maupun para sahabat dekat. Jadikan puasa kali ini benar-benar bermakna ya, B’timers! (md)

Share This Article