Selain Bikin Lega, Ternyata Ini Manfaat Menangis | Breaktime
Selain Bikin Lega, Ternyata Ini 5 Manfaat Menangis
23.01.2016

Banyak orang yang menahan air matanya agar tak menetes karena malu. Mereka beranggapan bahwa menangis adalah tindakan orang lemah. Padahal, tidak begitu sebenarnya. Bahkan, menangis memiliki manfaat yang cukup besar dan mengejutkan. Apa saja manfaat menangis? Berikut ulasannya!

  • Menambah semangat hidup

Percaya atau tidak, menangis bisa membuat Anda lebih bersemangat menatap masa depan. Contohnya, setelah Anda menangis tersedu-sedu karena putus cinta, Anda akan lebih bergairah ketika menjalin hubungan baru. Perasaan tidak ingin jatuh ke lubang yang sama akan membuat Anda lebih berhati-hati dalam bertindak.

  • Meningkatkan kreativitas

Seorang penulis terkenal, Robert Frost, mengatakan, “Jika penulis tidak menangis, maka pembaca tidak akan menangis. Jika penulis tidak terkejut, pembaca juga tidak akan terkejut.” Banyak orang mengatakan saat sedih atau galau adalah golden time. Menangis bisa meningkatkan kreativitas, apalagi jika Anda adalah seniman. Karya Anda semakin hidup!

Selain Bikin Lega, Ternyata Ini Manfaat Menangis | Breaktime
Menangis membuat karya lebih hidup
  • Membuat Anda lebih kuat menghadapi penderitaan

Washington Irving pernah mengatakan bahwa ada kesucian dalam tangisan. Menangis bukanlah tanda kelemahan, justru tanda kekuasaan. Menangis juga merupakan cara menyampaikan pendapat yang lebih fasih dari sepuluh ribu lidah yang berkata-kata. Itulah mengapa menangis membuat Anda lebih kuat. Anda jauh lebih mengerti keadaan diri sendiri dibanding dengan mereka yang gengsi untuk menangis.

  • Membuat Anda banyak terhubung dengan orang lain

Mungkin Anda salah satu orang yang takut mengungkapkan perasaan dan emosi di depan orang lain. Namun, percayalah bahwa cara terbaik untuk menjalin kedekatan dengan orang lain adalah dengan berani terbuka. Beberapa yang tidak suka dengan orang menangis mungkin akan menghindar. Namun, akan tetap ada seseorang yang peduli kepada Anda dan memahami betapa menderitanya Anda.

Selain Bikin Lega, Ternyata Ini Manfaat Menangis | Breaktime
Menangis juga membersihkan area mata
  • Membersihkan racun

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. William H. Frey II di St Paul-Ramsey Medical Centre menemukan bahwa air mata yang berhubungan dengan stres dan air mata disebabkan oleh iritasi fisik, seperti memotong bawang, itu tidak sama. Air mata yang dipicu stres membantu tubuh Anda melepaskan diri dari bahan kimia jahat yang meningkatkan kortisol, yaitu hormon stres. Anda akan merasa lebih baik setelah mengeluarkan emosi dengan menangis.

Perlu Anda ketahui bahwa menangis bukan berarti cengeng. Menangis adalah insting natural saat Anda sedih yang bisa membuat Anda lega jika tak menahannya. Menangis memang tidak bisa memperbaiki keadaan, namun setidaknya dengan menangis perasaan sedih dan stres bisa berkurang. Tuhan selalu menciptakan apapun di dunia ini disertai dengan manfaatnya. Jadi, jangan takut menangis jika memang ingin menangis, B’timers! (nap)

Share This Article