Seimbangkan Pikiran dan Jiwa Bikin Hidup Lebih Fun | Breaktime
Seimbangkan Pikiran dan Jiwa Bikin Hidup Lebih Fun
04.09.2015

Sangat penting untuk menciptakan keseimbangan antara jiwa, tubuh, dan juga pikiran. Keseimbangan ketiga hal tersebut sangat bisa mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan Anda. Namun, untuk melakukannya memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Setidaknya Anda bisa melakukan sejumlah trik berikut untuk menyeimbangkan kesehatan jiwa dan raga:

Melakukan meditasi

Lakukan meditasi secara rutin untuk dapatkan jiwa dan raga yang sehat
Lakukan meditasi secara rutin untuk dapatkan jiwa dan raga yang sehat

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menyeimbangkan jiwa dan pikiran adalah melakukan meditasi. Meditasi seperti halnya yoga telah terbukti ampuh untuk membuat tubuh sehat jauh dari berbagai penyakit pikiran dan tubuh. Menurut Philippe Goldin dari Departemen Psikologi di Stranford University, melakukan meditasi dapat membuat tubuh jadi rileks dan bebas dari kecemasan sosial.

Diet sehat

Pilihlah menu makanan sehat yang lengkap rasanya
Pilihlah menu makanan sehat yang lengkap rasanya

Diet selalu diartikan dengan menguruskan berat badan. Padahal arti dari diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan secara seimbang. Dan untuk menyeimbangkan jiwa dan raga, Anda harus mengosumsi makanan sehat, termasuk juga 5 rasa yang ada di dalamnya seperti asin, manis, pedas, asam, dan juga pahit. Jangan lupa pula untuk memasukkan variasi bahan makanan lengkap seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan ke dalam menu harian Anda.

Olahraga secara teratur

Jangan lupa untuk tetap olahraga secara teratur
Jangan lupa untuk tetap olahraga secara teratur

Olahraga teratur merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Hal ini seperti yang diungkapan oleh John Ratey , M.D dalam bukunya yang berjudul “Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain. Menurutnya, aktifitas olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan kerja otak. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi stres dan depresi.

Istirahat yang cukup

Memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang sangat sempurna
Memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang sangat sempurna

Memiliki waktu istirahat yang cukup dengan kualitas yang bagus merupakan salah satu kunci untuk menyeimbangkan jiwa dan raga. Untuk melakukannya, setidaknya Anda memerlukan waktu tidur yang cukup selama 6-8 jam setiap harinya.

Selain itu, menjahui konsumsi obat-obatan penenang dan mematikan lampu adalah cara yang paling baik untuk tidur. Setelah bangun, Anda akan merasakan energi yang luar biasa dan siap kembali bekerja.

Banyaklah tertawa

Cara paling penting untuk membuat tubuh sehat luar dan dalam
Cara paling penting untuk membuat tubuh sehat luar dan dalam

Laughter is the best medicine. Dengan banyak tertawa, Anda akan banyak melepaskan hormon stres dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Steve Wilson, MA, CSP, seorang psikolog dan juga laugh therapist, menjelaskan bahwa tertawa memiliki dampak yang sangat bagus untuk kesehatan jiwa dan raga manusia.

Itulah 5 kunci untuk mendapatkan keseimbanag jiwa dan raga. Dengan jiwa dan raga yag seimbang, Anda akan mendapatkan kualitas hidup yang luar biasa untuk menghadapi segala tantangan yang ada. (ya)

Share This Article