Sebelum Menikah, Berikan 6 Perhatian Ini Pada Orang Tua | Breaktime
Sebelum Menikah, Berikan 6 Perhatian Ini Pada Orang Tua
06.09.2015

Bila dalam waktu dekat ini B’timers akan segera melangsungkan pernikahan dengan orang yang telah dipilih, bersyukurlah. Namun, ini artinya Anda juga akan segera meninggalkan orang tua untuk hidup dengan pasangan. Sebelum hal tersebut terjadi, tak ada salahnya untuk memberikan perhatian besar pada orang tua dengan melakukan hal berikut ini:

Bicara santun pada orang tua

Coba ingat-ingat, pernahkah selama ini B’timers berkata kasar atau membentak orang tua tanpa sadar? Bila ya, sekarang adalah momen yang tepat untuk merubah sikap Anda menjadi sosok anak yang lebih santun dan penyabar.

Rutin berkomunikasi

Aktivitas pekerjaan yang padat seringkali membuat Anda lalai untuk sekadar say hello pada orang tua, bukan? Mulai sekarang, agendakanlah waktu rutin untuk menyapa mereka. Sesekali Anda perlu untuk mendengar keluh kesah mereka yang mungkin selama ini belum terungkapkan. Bantulah mereka untuk mencari penyelesaian tersebut.

Kurangi pertengkaran

Di waktu yang sempit ini, jangan mewarnai hubungan yang buruk dengan orang tua. Bila ada perbedaan pendapat dalam hal sepele, cobalah untuk mengalah. Upayakan agar Anda tak mudah terpancing emosi seberapapun peliknya situasi yang dihadapi. Ingatlah bahwa mereka juga telah banyak bersabar saat menghadapi Anda selama ini.

Memberikan bingkisan kecil akan membahagiakan orang tua
Memberikan bingkisan kecil akan membahagiakan orang tua

Sering makan bersama

Bila Anda memang masih tinggal satu atap dengan orang tua, usahakan untuk membangun kedekatan semaksimal mungkin dengan sering makan bersama. Bagaimanapun, akan ada kesedihan dalam diri orang tua untuk melepas anak yang dulu pernah berada dalam timangannya. Pujilah masakan ibu Anda dan berguraulah dengan ayah untuk suasana yang indah.

Berikan hadiah kecil

Datangnya kejutan berupa hadiah dari Anda pasti akan membuat orang tua merasa masih begitu berarti. Tak perlu mencari barang yang mewah, Anda bisa memberikan kado kecil berupa benda yang diinginkan orang tua atau paket kebutuhan nutrisi lengkap untuk mendukung kesehatan mereka di tengah usia yang mulai menua. Percayalah, orang tua akan merasa bahagia dengan bingkisan semacam ini.

Mengajak check-up kesehatan

Luangkan waktu sejenak untuk mengetahui perkembangan kesehatan orang tua dengan hasil lab dan pemeriksaan dokter. Dengan begitu, B’timers bisa tahu persis bagaimana kondisi orang tua saat ini. Adakah Anda harus meluangkan perhatian ekstra setelah menikah ataukah hanya perlu pemantauan kesehatan mereka dari jarak jauh? Semua ini perlu dipertimbangkan.

Bila enam hal di atas sudah dilakukan, kini berusahalah untuk mendapatkan restu terbaik dari orang tua pada hubungan pernikahan yang akan segera digelar. Be wise, B’timers!

Share This Article