Sebelum Judge Sebuah Film, Lihat Hal-Hal Ini! | Breaktime
Sebelum Judge Sebuah Film, Lihat Beberapa Hal Ini!
18.02.2016

Masih hangat diperbincangkan seputar film aksi yang baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu. Ya, film Deadpool yang mengisahkan tentang seorang pria yang nyaris mati, namun berhasil diubah menjadi manusia super setelah menjalani operasi. Film yang berhasil memecahkan rekor penjualan tiket ini menuai kontroversi dari beberapa kalangan.

Beberapa hari setelah ditayangkannya film ini di bioskop, Deadpool dihujani protes dari orang tua. Para orang tua yang mengajak anak-anaknya untuk menonton film ini mengatakan bahwa Deadpool tidak layak untuk dipertontonkan. Alasannya adalah terlalu banyak adegan dewasa serta pergulatan yang tidak pantas untuk dilihat, padahal rating dari film ini adalah Dewasa.

Sangat disayangkan ini terjadi, mengingat peringatan sudah diberikan namun tetap saja dilanggar. Dan lebih buruknya lagi, mereka yang melakukan judging tidak memperhatikan dengan detail film ini. Dibawah ini ada penjelasan seputar rating yang harus Anda ketahui untuk menyikapi sebuah film dengan rating tertentu :

Sebelum Judge Sebuah Film, Lihat Hal-Hal Ini! | Breaktime
Menonton memang seru, akan lebih seru lagi kalau Anda mengetahui pantas tidaknya dari rating

1. General Audiences

Kategori G atau General Audiences ini adalah sebuah rating film yang diberikan oleh dewan perfilman, MPAA kepada sebuah film yang memiliki konten aman. Aman disini diindikasikan kepada bahasa, adegan, dan tema bisa diterima oleh berbagai umur. Film-film ini tidak sepenuhnya tentang kartun saja, ada beberapa judul film nyata yang memiliki genre G seperti Mr. Bean's Holiday.

2. Parental Guidance Suggested

Parental Guidance Suggested atau disingkat PG ini juga merupakan rating yang bisa dilihat semua umur. Namun, perbedaannya adalah apabila penontonnya adalah anak-anak maka harus didampingi oleh orang tua. Hal ini karena, film yang memiliki kategori ini memiliki adegan yang sedikit lebih mengarah ke remaja. Contoh film dengan rating PG adalah The Smurf.

Sebelum Judge Sebuah Film, Lihat Hal-Hal Ini! | Breaktime
Transformer memiliki Rating PG-13

3. Parental Guidance Sugested-13

PG-13 hampir sama dengan rating PG yang sudah dijelaskan di atas. Untuk rating ini, penoton yang diperbolehkan menoton adalah mereka yang sudah berusia 13 tahun atau lebih dan dalam pengawasan orang tua. Anda tidak perlu belebihan dalam menyikapi sebuah film dengan rating PG-13 karena tidak begitu banyak adegan dewasa. Ini disebabkan karena beberapa materi di dalam film ini terdapat beberapa adegan dewasa seperti perkelahian. Contoh dari film dengan rating ini adalah Transformers.

4. Restricted

Rating Restricted atau disingkat R ini hanya boleh ditonton oleh mereka yang sudah berusia 17 dan dalam bimbingan orang tua. Seperti yang ada pada rating PG 13, terdapat banyak adegan dewasa seperti perkelahian dan pertumpahan darah. Selain adegan tersebut, ada juga adegan ciuman yang harus melalui pertimbangan orang tua terlebih dahulu.

5. No One 17 and Under Admitted

Rating ini diberi nama NC-17 yang hapir seluruh filmnya berisikan scene dewasa. Meskipun begitu, tidak berati film ini seluruhnya mengandung adegan yang berbau sara hanya saja belum pantas dilihat. Apabila usia seseorang sudah melebihi 17 tahun dan bersedia menerima segala risiko untuk menonton film ini. Kebanyakan, film ini akan diberi rating D yang artinya hanya diperuntukkan mereka yang sudah dewasa.

Nah, B'timers sudah mengetahui semua rating yang ada pada film. Jadi, Anda mulai sekarang bisa menyikapi sebuah film dengan rating tertentu dan memilahnya agar pantas dilihat. (wsu)

Share This Article