Cara Mudah Mengenali Kepribadian Teman Kantor | Breaktime
Sebelum Bete dengan Teman Kantor, Kenali Dulu Sifat Asli Mereka
10.08.2015
“And from their differences come understanding”

Punya banyak teman di kantor memang bisa bikin hidup jadi lebih hidup. Namun, di satu sisi B’timers juga harus siap merasakan 'lelah hati'. Pasalnya, tak sedikit rekan kerja yang sangat pintar 'mengaduk-aduk' emosi dalam berbagai situasi dan kondisi. Oleh karena itu, B’timers perlu memahami tipe kepribadian berikut agar bisa stay cool menghadapi semua teman kantor:

Si Populer Sanguin

Tipe orang yang sering bikin kantor jadi heboh
Tipe orang yang sering bikin kantor jadi heboh

Tipe rekan kerja satu ini sangat pandai melakukan persuasi karena mereka punya kepribadian yang mengagumkan. Mereka juga emosional dan punya good sense of humor. Berada di dekat rekan kantor seperti tipe sanguin akan bikin hidup B’timers jadi lebih ceria. 
Sayangnya, tipe ini juga cenderung narsis dan suka mendominasi percakapan. Kadang Anda jadi tak punya kesempatan untuk kembali fokus ke pekerjaan karena suara mereka yang menggelegar di udara.

Si Kuat Koleris

Tipe teman yang bisa diandalkan saat situasi darurat
Tipe teman yang bisa diandalkan saat situasi darurat

Teman satu ini gemar memecahkan masalah secara praktis dan fokus pada produktivitas. Ia terlatih sebagai sosok yang tangguh, mandiri, dan sanggup menyelesaikan berbagai tanggung jawab. Selain itu, dalam keadaan darurat si Kuat koleris sangat bisa diandalkan.

Hanya saja, orang koleris memang bukan tipe emosional. Itulah kenapa kadang ia bisa menjadi bete ketika melihat rekan sekantornya menangis. Selain itu, punya atasan dengan karakter koleris juga ‘memaksa’ B’timers untuk lebih bersabar karena mereka termasuk orang yang tidak toleran terhadap kesalahan, sekecil apapun.

Si Cinta Damai Plegmatis

Tipe mediator yang baik yang menenangkan suasana kantor
Tipe mediator yang baik yang menenangkan suasana kantor

Rekan kantor berjiwa plegmatis memang cenderung memiliki karakter yang santai, sabar, tenang, teguh, dan mereka merupakan pendengar yang baik. Mereka punya jiwa belas kasih dan peduli yang tinggi.

Sayangnya, kadang B’timers bisa gemas sendiri dengan sikap mereka yang terlalu pendiam dan pemalu. Mereka juga kadang kurang tegas dan cenderung menghindari konflik. Saat ditanya, alasannya pun sangat simple tapi juga cukup non sense “Karena aku cinta damai.”

Si Sempurna Melankolis

Tipe rekan kerja cuek tapi diam-diam perhatian
Tipe rekan kerja cuek tapi diam-diam perhatian

Selain itu, ada juga sosok orang yang sangat artsy tapi tidak mudah didekati. Siapa lagi kalau bukan si Melankolis? Sosoknya yang serius dan perfeksionis membuat hasil pekerjaan mereka dikagumi. Mereka juga sangat selektif dalam memilih teman. Tapi sekali B’timers sudah dekat dengannya, orang melankolis bisa bikin Anda super melting “level dewa”. 

Sayangnya, rekan kantor satu ini sering hidup berdasarkan definisi. Mereka juga tukang kritik handal dan cenderung melihat masalah dari sisi negatifnya. Bergaul dengan orang melankolis memang dibutuhkan kesabaran yang nggak main-main. Bersiaplah dengan kesalahpahaman yang rutin mewarnai suasana pertemanan kalian karena mereka memang enggan mengungkapkan perasaan yang sebenarnya.

Share This Article