Saat Tak Ada yang Menyemangati, Self-Suggestion Bisa Jadi Solusi | Breaktime
Saat Tak Ada yang Menyemangati, Self-Suggestion Bisa Jadi Solusi
28.09.2015

B’timers, kita memang tak bisa selalu mengharapkan dukungan dan semangat dari orang lain. Sebab terkadang, orang terdekat kita juga memiliki masalah tersendiri yang sulit diselesaikan. Saat Anda membutuhkan support tapi tak bisa mendapatkannya dari orang di sekitar, lakukanlah self-suggestion.

Bagaimana caranya? Simak informasi dari Breaktime berikut ini:

Buatlah kalimat self-suggestion

Cara yang paling utama adalah buat self-suggestion
Cara yang paling utama adalah buat self-suggestion

Langkah pertama untuk membuat self-suggestion adalah menentukan hal apa yang ingin Anda rubah ataupun raih. Setelah memutuskan hal tersebut, tanamkan rasa percaya bahwa Anda bisa melakukannya. Yakinkan dengan segenap jiwa dan raga apa yang Anda percayai dan jadilah sepositif mungkin. Setelah itu, buatlah kalimat-kalimat self-suggestion yang bisa memacu motivasi Anda.

Bermeditasi 

Anda bisa melakukan meditasi di tempat yang nyaman
Anda bisa melakukan meditasi di tempat yang nyaman

Teknik lainnya untuk bisa membuat self-suggestion semakin berdampak baik untuk diri sendiri adalah dengan bermeditasi. Saat bermeditasi, tubuh akan berada dalam keadaan santai atau rileks sehingga otak semakin tebuka menerima kata-kata positif. Maka dari itu, carila tempat yang nyaman jangan ada yang mengganggu, atau juga bisa dengarkan musik kemudian duduklah secara tenang. Setelah itu, ‘masukkan’ kalimat-kalimat positif ke dalam diri. Lakukan hal ini secara rutin untuk dapatkan hasil terbaik.

Lakukan self-suggestion saat akan tidur

Jangan lupa untuk melakukan self-suggestion sebelum tidur
Jangan lupa untuk melakukan self-suggestion sebelum tidur

Anda juga bisa melakukan self-suggestion sesaat sebelum tidur. Caranya sangatlah mudah untuk diterapkan, rekamlah kata-kata Anda sendiri yang berisi berbagai kalimat positif menggunakan kata ganti orang ke dua (contohnya, kamu atau Anda). Dengarkanlah sebagai ‘musik’ pengantar tidur.

Buatlah penggambaran dalam otak

Untuk semakin memperkuat self-suggestion, buatlah penggambaran dalam otak
Untuk semakin memperkuat self-suggestion, buatlah penggambaran dalam otak

Self-suggestion juga bisa diterapkan menggunakan penggambaran di dalam otak. Contohnya saja, jika bertujuan untuk menurunkan berat badan, Anda bisa menggambarkan diir sendiri di dalam otak dengan bentuk tubuh sesuai yang diinginkan. Cara ini bisa memotivasi diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya sangat sulit diraih.

Tuliskan dalam kertas

Jangan lupa untuk menuliskan self-suggestion di dalam kertas
Jangan lupa untuk menuliskan self-suggestion di dalam kertas

Langkah terakhir yang bisa Anda terapkan untuk melakukan self-suggestion adalah dengan menuliskannya di atas selembar kertas. Tempelkan kertas-kertas berisi kalimat motivasi tersebut di tempat yang sesuai.

Tidak sulit bukan untuk melakukan self-suggestion? (ya)

Share This Article