Olahraga Otak Efektif dengan Game Berikut! | Breaktime
RPG Ternyata Bisa Jadi ‘Olahraga’ Otak yang Efektif
28.07.2015

Sekitar tahun 1970-an, Role Playing Games (RPG) mulai dikenal di kalangan gamers dengan permainan pertama bernama Dungeons and Dragons. Sejak saat itu, banyak game bertemakan RPG mulai diciptakan dengan berbagai ragam cerita.

Akan tetapi, seperti halnya game lain semacam First Person Shooting (FPS), RPG sering dianggap ‘meracuni’ para pemainnya, khususnya anak-anak. Tapi ternyata, ada manfaat yang bisa diperoleh dengan bermain RPG. Ya, RPG tidak hanya memberikan sisi hiburan, melainkan juga membuat si pemain menjadi seorang storyteller handal karena mereka lebih mudah menceritakan segala sesuatu dengan detil, mulai dari alur game hingga karakter yang mereka mainkan.

Para gamer RPG akan lebih aktif dalam berbicara atau juga bersosialisasi
Para gamer RPG akan lebih aktif dalam berbicara atau juga bersosialisasi

Dari sisi mental, menurut Uri Hasson, profesor di Departemen Psikologi Universitas Princeton, ketika seseorang bercerita maka secara otomatis keseluruhan otak akan aktif dibandingkan dengan seseorang yang hanya diam dan mendengarkan saja. Ketika menceritakan sesuatu, maka sensor cortex dalam otak juga terstimulasi untuk lebih aktif bergerak.

“Ketika seseorang bercerita dan para pendengarnya dapat menangkap apa yang diceritakan dengan mudah dan baik, maka secara emosional sang pencerita sudah berhasil menanamkan ide, pemikiran, gagasan dan emosi ke dalam otak pendengarnya,” jelas Hasson.
Selain akan lebih membuat otak ‘berolahraga’, seorang pemain RPG juga lebih mudah bersosialisasi karena pada dasarnya bermain game mengharuskan mereka masuk dalam lingkup sosial dan berkomunikasi secara aktif. Tak hanya itu, RPG juga mengharuskan sang pemain untuk menyusun dan mengaplikasikan berbagai strategi.

Selain itu, RPG juga bisa mengasah jiwa kepemimpinan seseorang saat memandu pasukannya dalam menggempur pertahanan musuh. Yang tak bisa disepelekan, RPG juga ‘mengajarkan’ teamwork yang baik. Ketika bermain RPG, maka dibutuhkan kekompakan antar tim untuk menyelesaikan misi dengan sempurna dan mengalahkan musuh.

Tapi tetap perlu diingat, meski bermanfaat, jangan terlena dengan asyiknya bermain RPG. Jadikanlah hal ini sebagai hobi yang bisa dilakukan di sela aktivitas harian B’timers!

Share This Article