Roommate Menyebalkan? Atasi dengan Cara Ini | Breaktime
Roommate Menyebalkan? Atasi dengan Cara Ini
22.03.2016

B'timers tinggal di asrama? Atau Anda sedang tinggal di sebuah apartemen? Pastinya Anda memiliki roommates atau teman sekamar. Memiliki teman sekamar memang menyenangkan karena Anda tidak akan merasa sendirian. Terlebih lagi setiap kegiatan wajib di rumah seperti bersih-bersih jadi lebih mudah karena tugasnya dibagi berdua.

Namun, pada kenyataannya tidak semua teman sekamar mau melakukan hal tersebut. Dan lebih parahnya lagi, mungkin Anda-lah yang melakukan tugas rumah itu sendirian. Ditambah lagi, jika teman sekamar Anda memiliki sikap dan perilaku yang membuat tidak nyaman. Jika ini terjadi, segera atasi dengan cara seperti berikut :

Tahan diri untuk tidak membalas

Hal pertama yang harus dilakukan apabila Anda mendapat teman yang seperti itu adalah tahan diri Anda untuk tidak membalasnya terlebih dahulu. Bagaimanapun juga emosi tidak akan menyelesaikan masalah. Untuk itu, tahanlah emosi dari dalam diri Anda dan pikirkan cara yang pas untuk menertibkannya.

Atasi permasalahan secepatnya

Apabila teman sekamar Anda tidak menyadari apa yang menjadi kesalahannya, segera ingatkan. Pada peringatan pertama gunakan nada santai dan jangan sampai emosi Anda lepas. Apabila teman Anda masih saja melanggar, berikan peringatan tegas dan ganjar dengan konsekuensi ringan agar ia sadar.

Roommate Menyebalkan? Atasi dengan Cara Ini | Breaktime
Aturlah emosi Anda sebisa mungkin, karena emosi tidak menyelesaikan apa-apa

Bicarakan langsung

Sampaikan maksud dan tujuan Anda secara tatap muka, jangan melalui aplikasi chat. Hal ini dikarenakan agar teman sekamar Anda tahu ekspresi Anda secara langsung. Alasan kedua adalah agar tidak terjadi salah paham dalam pengucapan, karena dalam chat, setiap maksud yang tertera bisa jadi pembicaraan yang berbeda.

Katakan apa adanya

Jangan menambahi atau mengurangi apapun informasi tentang pelanggaran yang dilakukan teman sekamar Anda. Katakan apa adanya sesuai dengan kondisi yang terjadi. Apabila Anda sudah melakukan ini, maka Anda telah mencontohkan kebiasaan baik tentang berkata jujur dan tidak melebih-lebihkan.

Ketahui batas Anda

Apabila teman sekamar Anda sudah melampaui batas kewajaran, segera sudahi B'timers. Ini berbahaya pada harga diri serta diri Anda sendiri. Sudahi permasalahan tersebut dengan memintanya pergi dari kamar Anda, atau Anda mengajukan diri untuk pindah dari kamar tersebut.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi teman sekamar yang sulit diajak bekerjasama. Namun B'timers, yang perlu diketahui, Anda harus lebih bisa menahan emosi karena Anda-lah yang lebih dewasa. Selamat berjuang, B'timers. (wsu)

Share This Article