Cara Atasi Resolusi Tahun Baru Kerap Gagal | Breaktime
Resolusi Tahun Baru Kerap Gagal? Try This!
29.12.2015
“Nothing is IMPOSSIBLE, the word itself says, I’M POSSIBLE!” – Audrey Hepburn

Sebelum menginjakkan kaki di tahun baru, Anda tentu memiliki resolusi yang ingin dicapai pada tahun berikutnya. Beberapa mungkin menginginkan berat badan ideal, beberapa lainnya menginginkan pekerjaan yang baik, dan tak sedikit pula yang bercita-cita untuk mengakhiri masa lajangnya dengan menikah.

Tapi, disisi lain, tak sedikit pula resolusi tahun baru yang berakhir sebagai harapan kosong. Kegagalan ini seringkali terjadi karena Anda belum siap berubah menjadi lebih baik dan mencapai keinginan Anda. Untuk itu, tengok kembali resolusi tahun baru Anda, sudahkah sesuai atau hanya sekedar resolusi ikut-ikutan dalam menyambut tahun baru.

Cara Atasi Resolusi Tahun Baru Kerap Gagal | Breaktime
Tentukan resolusi sesuai kemauan diri

Pilih resolusi dengan cerdas

Resolusi sebaiknya bukanlah hal yang harus Anda katakana untuk menyambut tahun baru. Tapi, merupakan sesuatu yang benar-benar ingin Anda capai untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bermakna.

Saat menentukan resolusi, jangan sekalipun melakukannya karena ada paksaan dari orang lain. Motivasi terbaik adalah motivasi yang diberikan oleh diri sendiri, bukan orang lain. Motivasi dari diri sendiri akan menjaga semangat Anda untuk mempertahankannya dalam jangka waktu panjang.

Selanjutnya, lihat kembali pada resolusi yang Anda pilih, sudahkah sesuai dengan kemampuan fisik dan psikologis Anda untuk membuatnya berhasil. Kemauan sama seperti otot yang Anda miliki, Anda akan kelelahan jika menggunakannya terus menerus. Oleh karena itu, Anda membutuhkan waktu beristirahat untuk membuatnya lebih kuat.

Kemauan saja tak cukup

Anda mungkin memiliki kemauan tinggi untuk berubah. Tapi, pikirkan juga halangan atau hambatan yang mungkin terjadi. Anda harus memikirkan secara detail bagaimana, kapan, dan dimana Anda harus memulainya. Melakukan tanpa rencana yang tepat lagi-lagi akan berbuah kegagalan.

Cara Atasi Resolusi Tahun Baru Kerap Gagal | Breaktime
Rencanakan dengan matang bagaimana Anda akan mencapai resolusi tahun baru

Ubah kebiasaan

Kebiasaan memang tak mudah untuk diubah dan dibentuk kembali. Namun, membentuk kembali perilaku dan kebiasaan Anda akan mempermudah penyesuaian diri terhadap resolusi tahun baru yang ingin Anda capai.

Jika sulit, Anda bisa memulainya dengan kebiasaan kecil yang sebelumnya tidak Anda lakukan. Misalnya menggosok gigi sebelum tidur, membuang sampah pada tempatnya, bangun lebih pagi ataupun menjauhkan gadget dari tempat tidur ketika Anda berniat untuk tidur nyenyak.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daerah otak yang terlibat dalam pemikiran masa depan, menjadi aktif selama masa pra-komitmen dan akan berinteraksi dengan daerah otak yang terlibat dalam pengendalian diri. Ini artinya, akan lebih mudah bagi Anda untuk memulai kebiasaan baru yang lebih baik dan meninggalkan kebiasaan lama yang buruk.

Kunci untuk menemukan resolusi tahun baru yang tepat adalah kejujuran pada diri sendiri. Sudah benarkah pilihan saya? Mampukah saya melakukannya? Adakah batasan yang akan menghambat diri saya? Tanyakan pada diri Anda dan temukan resolusi yang benar-benar tepat. Selamat tahun baru, B’timers. (dfr)

Share This Article