Resolusi Tahun Baru Hebat Setelah Hadapi Perceraian | Breaktime
Resolusi Tahun Baru Hebat Setelah Hadapi Perceraian
30.12.2015
“Some of us think holding in makes us strong, but sometimes it is letting go” – Hermann Hesse

Kita tahu bahwa perceraian bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi. Seberat dan sesakit apapun, Anda harus berjuang untuk melawannya. Terlebih lagi jika ada anak-anak yang harus dibuat mengerti kenapa perceraian harus terjadi. Namun, dibalik itu semua, perceraian juga merupakan salah satu jalan untuk membuat segalanya baik-baik saja.

B’timers, perceraian memang tak mudah, namun buatlah resolusi hebat agar lembaran baru yang akan Anda jalani terasa lebih indah. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut jawabannya.

Mulai hidup sehat

Hidup sehat, bukan hanya terlihat dari fisik saja. Namun, pastikan kehidupan mental Anda pun sehat. Jika sebelumnya sulit bagi Anda untuk berkata ‘tidak’ untuk menghindari perdebatan. Kini, mulalilah kehidupan baru dan belajarlah kembali untuk mengatakan ‘tidak’ agar Anda tak salah dalam melangkah.

Resolusi Tahun Baru Hebat Setelah Hadapi Perceraian | Breaktime
Perbanyak bersyukur dan cintai diri sendiri

Cintai diri sendiri

Hubungan yang gagal seringkali diawali karena Anda kurang mencintai diri sendiri. Cobalah bercermin dan pelajari diri Anda. Sudahkan Anda cukup mencintai diri sendiri atau malah menyalahkan diri sendiri karena perceraian yang terjadi?

Apa yang terjadi di masa lalu, biarlah menjadi pelajaran bagi kehidupan. Namun, jangan skalipun melupakan cara untuk mencintai diri sendiri. Cinta yang baik diawali dari mencintai diri sendiri.

Buat jurnal

Anda mungkin akan kesulitan untuk memulainya. Namun, jurnal akan membantu diri Anda untuk selalu berpikiran positif. Anda juga bisa mengulas kembali hal apa saja yang telah Anda lakukan dan merenungkannya. Jurnal juga bisa menjadi salah satu tempat untuk mencurahkan harapan dan impian.

Resolusi Tahun Baru Hebat Setelah Hadapi Perceraian | Breaktime
Mulailah untuk menulis jurnal harian

Kelola keuangan

Setelah perceraian, Anda harus melakukan segala sesuatunya sendiri, termasuk dalam mengelola keuangan. Jika tak tahu harus melakukan apa terhadap uang yang Anda miliki, coba hubungi konsultan keuangan untuk membuat anggaran dan mengelola keuangan Anda. Terlebih lagi jika selama ini Anda terbiasa mengandalkan pasangan untuk menangani keuangan Anda.

Temukan diri Anda

Terbiasa hidup bersama dengan orang lain, akan membuat sebagian diri Anda menjadi miliknya. Namun, ketika bercerai, seringkali seseorang tak mengenali lagi siapa dia sebenarnya. Jika ini terjadi, artinya Anda harus menemukan kembali diri Anda.

Resolusi Tahun Baru Hebat Setelah Hadapi Perceraian | Breaktime
Jangan takut sendiri untuk menemukan jati diri Anda kembali

Jangan takut sendiri

Di awal perceraian adalah hal wajar jika Anda merasakan kekosongan karena terbiasa bersama. Beberapa akan memilih untuk menemukan orang baru. Namun, jangan sekalipun lakukan hal ini jika Anda belum siap dan merasa tidak nyaman. Terburu-buru hanya akan menghadirkan penyesalan di akhir.

Bersyukur

Bersyukurlah terhadap apa yang terjadi pada diri Anda, termasuk perceraian dengan pasangan. Karena bisa saja perceraian yang terjadi merupakan jalan bagi Anda untuk menemukan kebahagiaan baru yang utuh dan tanpa cela.

Siap menjejakkan kaki di tahun yang lebih baik, B’timers? (dfr)

Share This Article