Raih Kemenangan Lewat Ramadhan Lebih Bermakna | Breaktime
Raih Kemenangan Lewat Ramadhan Lebih Bermakna
25.06.2017

B’timers, sudahkah Anda merasa menjalani bulan suci Ramadhan secara maksimal? Sudahkah Anda paham dan benar-benar mengerti makna dari Bulan Ramadhan itu sendiri? Well, sesungguhnya kedua pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sangat introspektif. Jadi bukan hanya Anda seorang yang akan kesulitan dalam menjawab kedua pertanyaan di atas. Akan tetapi, apabila setidaknya Anda sudah tahu amalan-amalan apa saja yang harus diperbuat guna memaknai Bulan Ramadhan— niscaya kedua pertanyaan tadi sedikit banyak akan bisa terjawab.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Makna Puasa & Bukti Kesuksesan Ramadhanmu!

Bulan Ramadhan bukan cuma sekedar soal menahan lapar dan dahaga. Bulan Ramadhan juga sejatinya adalah bulan yang melarang kita untuk menikmati kesenangan mengumbar nafsu syahwat. Kebiasaan berkata kotor, menggosip apalagi memfitnah adalah pula hal yang dilaknat oleh Allah SWT— utamanya di bulan suci Ramadhan. Dan sesungguhnya ini adalah suatu kewajiban yang sudah diperintahkan olehNya. Maka tidak ada toleransi apa pun kecuali Anda tak takut akan panasnya bara api neraka.

Raih Kemenangan Lewat Ramadhan Lebih Bermakna | Breaktime
Jauhi yang namanya riya’ , B’timers!

Oh iya B’timers, kala berpuasa juga Anda jangan sampai terjebak sikap riya’. Sikap riya’ ini adalah sikap memamerkan amal perbuatan baik kita secara terang-terangan kepada orang lain. Memang benar jika bulan puasa itu adalah bulan berbagi— bulan di mana Anda dianjurkan untuk saling memberi pada sesama juga pada yang membutuhkan. Bulan puasa juga tak lain adalah bulan bersedekah. Sesuai riwayat dari Muttafaq ‘alaih, dikisahkan Nabi Muhammad SAW bahkan menjadi lebih dermawan di Bulan Ramadhan ketimbang di hari-hari biasa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Moms, Ini Tips Ajarkan Buah Hati Mulai Berpuasa!

Ini adalah termasuk dalam amal perbuatan baik yang pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT di Bulan Ramadhan. Contohnya Anda memberi makan anak yatim, berbagi menu sahur dan berbuka gratis sampai membayarkan kewajiban zakat dan infaq. Namun pada dasarnya, semua amalan ini tak akan memberikan dampak pahala yang optimal jika Anda memamerkannya pada orang lain. Maka alangkah lebih baiknya Anda tetap diam kendati Anda sudah melakukan beribu kebaikan di bulan suci Ramadhan ini.

Raih Kemenangan Lewat Ramadhan Lebih Bermakna | Breaktime
Perbanyak amalan membaca Al-Qur’an agar selamat dunia akhirat

Bukan cuma itu, di Bulan Ramadhan tentu kita harus meningkatkan segala aktivitas ibadah seperti rajin melakukan ibadah salat Tarawih dan membaca tadarus Al-Qur’an. Amalan ibadah seperti ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk hendaknya senantiasa dilakukan di sepanjang Bulan Ramadhan. Untuk ibadah salat Tarawih, akan lebih indah lagi apabila dilakukan secara berjamaah di masjid. Manfaat yang didapat jadi bukan cuma pahala berlimpah B’timers, namun juga makna silaturahmi bersama sesama jamaah masjid.

Bulan Ramadhan juga adalah bulan khataman Al-Qur’an. Kenyataan bahwa Al-Qur’an yang mungkin di kehidupan sehari-hari kerap lalai untuk dibaca haruslah diubah. Bahkan dalam suatu riwayat dikisahkan banyak ulama salaf yang berkonsentrasi untuk membaca dan mentadabburi Al-Qur’an pada momen Bulan Ramadhan. Salah satunya adalah Imam Syafi’i, yang di Bulan Ramadhan mengkhatamkan Al-Qur’an hingga 60 kali banyaknya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Begini Pengaruh Puasa Untuk Kehidupan!

Memasuki 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan— saatnya Anda berburu ampunan mencari malam Lailatul Qadar. Di waktu-waktu ini, sering-seringlah menyambangi masjid untuk niat ber-i’tikaf. Anda pun tak akan sendirian melakukannya karena di luar sana juga banyak umat muslim yang melakukan hal serupa.  Sesungguhnya amatlah merugi jika Anda tak mendapat keistimewaan malam Lailatul Qadar ini karena sesuai QS. Al Qadar: 3, dikatakan bahwa “malam kemuliaan (malam Lailatul Qadar) itu lebih baik dari seribu bulan. Maksudnya adalah tentu salat dan amalan di malam Lailatul Qadar bahkan lebih baik dibandingkan salat dan amalan di 1000 bulan lain yang tak ada malam Lailatul Qadar. Semoga kini Anda sudah bisa memaknai Bulan Ramadhan secara lebih baik lagi ya! (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE