Rahasia Jadi Orang Tua Terbaik untuk Buah Hati | Breaktime
Rahasia Jadi Orang Tua Terbaik untuk Buah Hati
05.12.2015

Well, Anda mungkin bukan ayah atau ibu yang sempurna di dunia. Ya, memang tidak seorang pun mewajibkan Anda untuk menjadi orang tua yang sempurna tanpa cacat sedikitpun. Dan sebenarnya tidak sulit membesarkan anak-anak yang bahagia dan sehat.

Sebagai anak-anak, mereka hanya membutuhkan sosok untuk dijadikan panutan saja. Karena itu, jangan heran jika kelakuan mereka sedikit mirip dengan Anda, seperti enggan membereskan mainannya di ruang keluarga. Ketidakdisiplinan itu mungkin mereka cotoh dari kebiasaan Anda tidak segera merapikan majalah-majalah atau koleksi DVD yang berserakan di ruang tengah. See? Apa yang mereka lihat, itu yang akan mereka kerjakan.

Untuk menjadi orang tua yang baik, beberapa hal ini bisa Anda coba:

Biasakan bicara jujur

Kenyataannya, setiap hari entah berapa kali kita berbohong di depan anak kita, bahkan berbohong pada mereka. Jika mendapati buah hati merajuk ketika ikut pergi belanja, Anda mungkin tidak sadar mengatakan “Jangan nakal, nanti Mama tinggal di sini biar diambil nenek sihir”.

Atau ketika makan malam, dan buah hati Anda tidak menghabiskan beberapa potong wortel di piringnya, Anda pasti akan mengatakan “Kalau nggak mau makan sayur, besok nggak Ayah ajak ke taman bermain sama adik”.

Hal-hal kecil semacam itulah yang akhirnya membekas dalam diri mereka sampai besar. Maka dari itu, mulailah dari diri sendiri dengan berkata jujur di setiap kesempatan. Dan saat mereka sungguh-sungguh mengatakan pada Anda kesalahannya, beri hukuman kecil, lalu berterimakasihlah atas keberanian mereka untuk jujur.

Dengarkan cerita mereka

Anda sering mengeluh, anak tidak mau mendengarkan kata-kata Anda? Hmm, bisa jadi Anda juga sering mengabaikan mereka. Jadi, jangan kecewa saat Anda juga diabaikan oleh mereka.

Sebenarnya , Anda hanya perlu mendengarkan mereka. Bebaskan mereka untuk bercerita pada Anda. Sempatkan waktu untuk duduk bersamanya dan menanyakan kabar teman-temannya. Atau mungkin minta pendapat mereka tentang kado apa yang pantas diberikan untuk kakek atau nenek pada ulang tahun mereka akhir pekan nanti.

Rahasia Jadi Orang Tua Terbaik untuk Buah Hati | Breaktime
Jangan gunakan emosi berlebih saat mendidik anak

Ikuti aturan

Untuk peraturan yang satu ini, Anda mengambil peran penting di dalamnya. Karena jika Anda sebagai pembuat peraturan di rumah saja melanggar aturan, bukan tidak mungkin anak buah hati akan melakukan hal yang sama.

Jika Anda menerapkan batas waktu untuk menonton televisi hinggan jam 8 malam, maka Anda juga harus menaatinya. Jangan berdalih ingin menyaksikan pertandingan bola, lantas Anda menyepelekan aturan itu.

Gunakan suara normal Anda

Emosi memang tidak bisa dihindari, B’timers. Terkadang rasa lelah setelah sepanjang hari sibuk di kantor membuat Anda sedikit sensitif ketika sampai di rumah, dan melihat pakaian olahraga anak Anda tergeletak di ruang tamu.

Tapi ingat, jika Anda berteriak marah, buah hati juga akan menanggapi Anda dengan lebih emosi. Sejenak tahanlah napas untuk meredam kekesalan, barulah panggil buah hati dan tanyakan apakah dia bisa membantunya meletakkan pakaian kotor itu di keranjang cucian.

Jangan malu katakan maaf

Ya, tak ada orang memang tak luput dari kesalahan, begitu juga Anda. Tapi jangan segan untuk mengatakan maaf jika Anda memang bersalah. Misalnya, Anda terburu-buru ke rumah untuk mengambil berkas yang tertinggal dan memarkir mobil sembarangan. Lalu, buah hati Anda tidak sengaja menggores pintu mobil dengan sepedanya. Mungkin saat itu Anda akan langsung memarahinya dan segera kembali ke kantor. Sesampainya di kantor, Anda baru menyadari kesalahan telah memarahinya.

Sepulangnya Anda dari kantor malam ini, jangan tunda lagi untuk menyapa buah hati dan minta dia duduk di samping Anda. Lalu minta maaflah padanya. Katakan mengapa Anda sampai memarahinya tadi siang. Dan semuanya akan kembali normal karena memang tidak perlu ada yang ditutupi di dalam keluarga.

Share This Article