Punya Trauma Semasa Kecil? Ini Tips Mengatasinya | Breaktime
Punya Trauma Semasa Kecil? Ini Tips Mengatasinya
21.02.2017
“After a cruel childhood, one must reinvent oneself, the re-imagine the world” – Mary Oliver

Di masa kecil, pernahkah Anda mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan, B’timers? Well, anak-anak yang merupakan makhluk rapuh memang dipenuhi dengan emosi yang terkadang tidak dapat diketahui oleh orang dewasa. Dan berbeda dengan orang-orang dewasa, anak kecil biasanya mengalami kesulitan untuk mengungkapkan apa yang mereka alami. Terlebih jika hal itu adalah pengalaman buruk.

Ada berbagai penyebab yang bisa membuat anak-anak menyimpan rasa traumanya hingga dewasa, lho. Mulai dari di saat keamanan mereka terganggu, terjadinya kekerasan dalam rumah, pelecehan seksual, pelecehan seksual secara verbal, penaniayaan, segala macam bentuk intimidasi hingga perpisahan dari kedua orangtuanya. Dan untuk menghilangkan trauma masa kecil, di bawah ini beberapa tipsnya!

Punya Trauma Semasa Kecil? Ini Tips Mengatasinya | Breaktime
Anda tak bisa melakukannya sendiri, mintalah bantuan sahabat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi trauma di masa kecil Anda adalah dengan mulai memahami dan mengakui jika diri Anda mengalami trauma semasa kecil, B’timers. Banyak orang yang memiliki trauma masa kecil justru menyimpan rasa bersalahnya sendiri dan juga berpura-pura itu tak terjadi. Padahal untuk menghillangkan trauma, Anda perlu memahami apa yang pernah terjadi.

Selanjutnya, setelah Anda memahami dan mengakui jika di masa kecil telah terjadi hal yang sangat tidak menyenangkan, langkah selanjutnya adalah dengan mencari bentuk dukungan dari orang terdekat yang ada di sekitar Anda. Cara memulihkan rasa bersalah dan juga trauma yang mengganggu kehidupan yang paling efektif adalah dengan meminta bantuan berupa dukungan dari orang-orang di sekitar Anda.

Nah, hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk menghilangkan trauma masa kecil  adalah dengan tetap menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, B’timers. Tekanan di dalam pikiran karena trauma dapat mengganggu kesehatan mental dan juga fisik Anda, lho. So, sebaiknya jalani rutinitas sehari-hari dengan teratur, mulai dari memperhatikan pola makan, waktu istirahat di malam hari dan rutin berolahraga.

Jika Anda pernah mengalami hal mengerikan di masa kecil dan hingga sekarang hal itu masih membekas, sebaiknya hindari minuman yang mengandung alkohol dan obat-obatan. Meskipun itu dapat membantu Anda mengatasi perasaan depresi yang begitu memuakkan, tapi sebaiknya jangan pernah melarikan diri ke minuman beralkohol serta obat-obatan terlarang. Karena itu hanya akan memperparah keadaan.

Punya Trauma Semasa Kecil? Ini Tips Mengatasinya | Breaktime
Bersahabatlah dengan diri Anda dan kendalikan kehidupan Anda

Ketika Anda menjadi korban dari trauma di masa kecil, maka hingga kapanpun ketakutan masa lalu Anda akan menjadi pemegang kendali diri Anda, B’timers. Dan jika Anda ingin menghilangkan trauma di masa kecil, sebaiknya rebut kembali kontrol atas kehidupan Anda. Jadilah pemimpin dan bos untuk diri Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda juga dapat perlahan belajar melepaskan trauma dari masa lalu, kan?

Di saat seorang anak yang terluka di dalam dirinya menjadi orang dewasa, maka tak jarang mereka akan mempertahankan perasaan intens, kehilangan kendali atas diri serta mulai dan semakin menjadi putus asa, B’timers. Untuk menyembuhkan diri dari luka, kenangan dan trauma masa kecil tentulah tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejap. Semuanya membutuhkan proses. So, tetaplah sabar dan mencoba.

Gantilah kebiasaan buruk yang membawa Anda semakin tenggelam di dalam trauma masa kecil dengan kebiasaan yang jauh lebih baik, B’timers. Sikap dan pikiran negatif akan membawa Anda diam di tempat. Sementara kebiasaan positif akan membawa kesembuhan pada diri Anda. Usahakan untuk membuang semua pikiran negatif yang Anda simpan selama ini dan gantikan dengan pikiran-pikiran yang positif.

Jangan takut untuk menerima dan belajar bahwa demi menghilangkan trauma masa kecil adalah sesuatu yang berat dan seringkali menyakitkan. Tapi itu semua adalah bagian dari proses yang harus Anda lalui, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE