Punya Phobia? No Worries, Ini Cara Mengatasinya | Breaktime
Punya Phobia? No Worries, Ini Cara Mengatasinya
31.01.2016

Anda termasuk orang yang memiliki ketakutan pada hal tertentu tidak, B’timers? Hampir semua orang memiliki ketakutan yang tidak bisa dijelaskan. Seperti takut pada tikus, atau kunjungan rutin ke dokter. Bagi beberapa orang, ketakutan ini sangat minim. Namun terkadang, rasa ketakutan ini bisa semakin parah, bahkan sampai menyebabkan kecemasan yang luar biasa dan mengganggu kehidupan Anda. Ini yang disebut phobia.

Anda mungkin sering menanyakan bagaimana cara menghilangkan phobia yang semakin mengganggu aktifitas sehari-hari, kan? Dan, kabar baiknya, phobia ternyata dapat disembuhkan. Benarkah?

Punya Phobia? No Worries, Ini Cara Mengatasinya | Breaktime
Phobia naik pesawat bisa memicu rasa mual dan pusing

Ketakutan normal vs. phobia

Rasa takut sebenarnya merupakan respon alami dari tubuh sebagai bentuk perlindungan terhadap diri sendiri. Dan hal tersebut merupakan sesuatu yang normal. Tapi, yang terjadi pada seseorang dengan phobia, respon mereka sangat berlebihan.

Phobia merupakan ketakutan intens terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak membahayakan. Seperti ketakutan masuk ke dalam ruangan tertutup, tempat tinggi, mengemudi di jalan raya, serangga terbang, atau obat. Kebanyakan phobia muncul saat anak-anak. Namun tidak jarang kasus phobia berkembang pada orang dewasa.

Orang yang memiliki phobia, seringkali sadar bahwa ketakutan mereka tidak mendasar, tapi tetap tidak dapat mengendalikan perasaan tersebut. Karena dengan memikirkan objek atau situasi tertentu dapat membuat mereka ketakutan setengah mati.

Punya Phobia? No Worries, Ini Cara Mengatasinya | Breaktime
Bicara dengan orang terdekat mengenai ketakutan Anda

Bagaimana menghilangkan phobia?

  • Face your fears

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan phobia Anda adalah dengan secara bertahap membuka diri pada hal yang menyebabkan Anda takut. Dengan demikian Anda akan belajar, bagaimana untuk mengurangi ketakutan saat berhadapan dengan situasi tersebut.

Dengan latihan berulang, Anda akan semakin menyadari bahwa hal buruk tidak akan terjadi. Seperti, Anda tidak akan mati hanya dengan masuk ke dalam lift untuk naik ke lantai 10.

  • Pelajari teknik relaksasi

Seperti yang kita ketahui, mereka yang memiliki phobia akan mengalami gejala jantung berdebar, sulit bernapas, berkeringat, dan pusing. Dengan belajar dan berlatih teknik relaksasi secara rutin, Anda akan lebih percaya diri, dan mampu menghilangkan gejala-gejala tersebut.

  • Menantang pikiran negatif

Mencoba menantang pikiran negatif akan membantu mengatasi phobia Anda, B’timers. Mulailah dengan menuliskan setiap pikiran negatif yang Anda miliki ketika dihadapkan dengan phobia Anda. Setelah itu Anda dapat mulai membuat beberapa pikiran positif pada diri sendiri untuk mengatasi phobia tersebut.

Namun, bagaimana jika teman Anda yang mengalami phobia? Yang paling penting adalah selalu memberi dukungan pada mereka dalam menghilangkan phobia. Jika diperlukan ajak mereka menemui ahli untuk mengatasi masalah tersebut. Dan, jangan cemas, B’timers, memiliki phobia bukan berarti Anda gila, kok. (NO)

Share This Article