Punya Hewan Peliharaan Ternyata Berikan Manfaat! | Breaktime
Punya Hewan Peliharaan Ternyata Berikan Manfaat!
08.04.2016

Di film-film romantis sering terlihat seorang pria jalan-jalan dengan anjing cantiknya, lalu bertemu dengan wanita yang melakukan hal yang sama. Keduanya lalu berbincang tentang anjing-anjing mereka dan kemudian muncullah perasaan yang membuat berbunga-bunga. Ilustrasi tersebut sepertinya tak berlebihan, B’timers. Nyatanya, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa hewan peliharaan memang berperan penting dalam meningkatkan taraf kebahagiaan hidup pemiliknya. Hm, benarkah manfaat punya hewan peliharaan sehebat itu?

Hormon “Aku bahagia” manusia muncul karena hewan peliharaan

Dr. Zara Boland mengatakan bahwa hewan peliharaan dapat membantu memproduksi dan melepaskan hormon oksitoksin yang berguna untuk memicu munculnya rasa bahagia pada manusia. Hormon oksitoksin di dunia psikologi dan di beberapa kalangan juga dikenal sebagai ‘hormon cinta’. Ternyata, secara naluriah perasaan bahagia manusia akan muncul dengan jujur saat mereka menghabiskan waktu dengan anjing atau kucing misalnya.

Punya Hewan Peliharaan Ternyata Berikan Manfaat! | Breaktime
Hewan mencairkan hati dingin manusia

Menurut Boland, umumnya mereka yang memelihara hewan memiliki kepribadian yang tertutup atau yang biasa disebut ekstrovert. Karena itu, hewan adalah teman yang sempurna yang dapat membuka banyak pintu bagi pemiliknya. Ya, harga diri yang tinggi membuat mereka jadi sulit untuk berkomunikasi, namun manfaat punya hewan peliharaan adalah mereka mengantarkan pemiliknya bertemu dengan orang-orang yang nyaman untuk membuka percakapan.

Hewan peliharaan membantu pemiliknya menemukan cinta sejati

Tak hanya membuat mereka yang ekstrovert menambah banyak teman, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Purina, menemukan fakta yang lebih mengejutkan. Mereka menganalisis tanggapan dari 1.600 pria dan wanita di seluruh Amerika Serikat. Mereka diminta untuk bercerita tentang hewan peliharaannya dan menjawab pertanyaan tertentu melalui angket.

Dari penelitian tersebut, mereka menemukan dan mengeksplorasi berbagai cara yang dilakukan hewan peliharaan dalam meningkatkan hubungan interpersonal. Nah, dari 1600 responden tersebut, hampir 90 persen mengatakan anjing peliharaan mereka membantu pemiliknya bertemu dengan orang-orang yang sebelumnya tak terpikirkan untuk ditemui.

Punya Hewan Peliharaan Ternyata Berikan Manfaat! | Breaktime
Banyak yang menemukan pasangan karena hewan peliharaan

Selanjutnya, lebih dari 50 persen mengatakan hewan peliharaan mereka membantu memulai percakapan dengan seseorang yang menarik perhatian mereka dalam hal cinta. Jadi, Apa yang sebenarnya membuat mereka dengan hewan peliharaan tampak begitu menarik di mata orang lain?

Ternyata, tanpa disadari mereka sebenarnya lebih sering mengeluarkan senyum yang tulus saat sedang bersama dengan si hewan kesayangan. Meski sebagian besar pemilik hewan peliharaan dinilai tertutup, namun mereka masih bisa berkomunikasi dengan hati terbuka bersama hewan peliharaan mereka. Itu yang kemudian melekat menjadi karakter dan membuat mereka selalu tulus dalam mengungkapkan perasaan pada orang yang dicintainya.

Hmmm, tak heran jika mereka yang memiliki hewan peliharaan bersifat sangat penyayang. Itu juga menjadi salah satu manfaat punya hewan peliharaan. Kalau Anda, hewan peliharaan apa yang Anda miliki, B’timers? (nap) 

Baca juga : TIDUR DENGAN HEWAN PELIHARAAN ITU BAIK, BENARKAH?

Share This Article