Punya Bos Menyebalkan? Hadapi Dengan Cara Ini! | Breaktime
Punya Bos Menyebalkan? Hadapi Dengan Cara Ini!
15.10.2017

Mungkin B’timers berpikir tidak ada yang lebih menyebalkan daripada memiliki atasan yang buruk. Mulai dari kebiasaannya memaki, tak pernah memberi apresiasi, selalu tak mau tahu, hingga kebiasaan merendahkan bawahan dan timnya. Jika Anda sedang mengalaminya, pasti membuat Anda berkeinginan untuk resign dari pekerjaan sekarang juga. Hanya saja, memutuskan untuk mengundurkan diri bukanlah hal yang mudah. Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan cara berikut ini.

Jangan terburu-buru untuk resign, karena B’timers bisa coba untuk melakukan beberapa strategi untuk menghadapi atasan yang menyebalkan. Sebelumnya, kenali dulu jenis-jenis dari atasan Anda yang menyebalkan. Langsung saja yuk, simak sama-sama!

Punya Bos Menyebalkan? Hadapi Dengan Cara Ini!

Yap, memang tak disangka jika ada beberapa jenis bos yang menyebalkan. Jenis yang pertama adalah atasan dengan kepribadian pasif namun agresif. Kepribadian ini pada dasarnya terjadi pada orang yang tak bisa menghadapi masalah secara langsung, sehingga akan menggunakan cara untuk mengkritik Anda. Kritikan itu sendiri bisa terdiri dari beberapa hal, seperti komentar, tindakan yang membuat Anda mempertanyakan diri sendiri, atau hal-hal yang membuat Anda melakukan kesalahan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatasinya pada saat atasan Anda sedang beraksi. Anda tak perlu bersikap kasar atau agresif. Biarkan saja orang tersebut merasa bahwa komentar dan arogansinya tak diperlukan. Kalau perlu, bawa mereka ke tempat terbuka agar Anda merasa lebih baik untuk membela diri. Saat mereka menyadari, mereka akan berhenti.

Punya Bos Menyebalkan? Hadapi Dengan Cara Ini! | Breaktime
Menghadapi bos yang menyebalkan, siapa takut?
Punya Bos Menyebalkan? Hadapi Dengan Cara Ini!

Kepribadian bos yang manipulatif juga banyak ditemui. Ini sangat umum terjadi dimana saja jika ada perbedaan kekuatan yang besar, seperti masalah pendidikan atau otoritas. Atasan semacam ini tidak akan peduli dengan kepentingan Anda. Mereka lebih egois dengan kepentingan diri sendiri untuk membawa Anda jadi tidak fokus terhadap karir. Solusi yang satu ini adalah dengan terus bersabar dan membuktikan bahwa Anda tidak akan terpengaruh dan benar-benar layak.

Bagaimana dengan atasan yang tidak fokus? Apakah ini termasuk atasan Anda? Atasan jenis ini memiliki banyak energi dan selalu ingin melakukan segala hal. Mereka seringkali berkomitmen untuk mengerjakan lebih banyak proyek tanpa memahami apakah bawahannya bisa melakukan hal tersebut. Memang energi positif mereka sangat bagus untuk terus produktif.

Masalahnya adalah prioritas yang setiap hari berubah, sehingga semua pekerjaan tidak akan selesai. Cara terbaik untuk mengatasi situasi ini adalah dengan berbicara langsung pada atasan dan meminta untuk menata ulang serta memprioritaskan satu pekerjaan terlebih dahulu sebelum mengambil lebih banyak lagi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tetap Kerja Saat Weekend? Coba Lakukan Ini!

Tipe yang selanjutnya adalah bos yang sangat peka terhadap hal-hal kecil. Bos seperti ini mungkin tidak akan cocok dengan Anda yang hobi bekerja secara mandiri. Setiap pergerakan Anda atau pekerjaan yang Anda kerjaan akan sering dicek. Ia akan sangat memperhatikan setiap inci kemajuan karyawannya. Ia menjadi sosok yang sangat teliti. Sayangnya tipe ini justru akan sangat menyebalkan karena terus mengawasi karyawannya. Solusi terbaik adalah mencari tempat lain agar Anda lebih fokus pada pekerjaan bukan pada setiap gerak atasan.

Itulah beberapa tipe atasan dan solusi terbaik untuk menghadapi setiap sifat mereka yang menyebalkan. Yang terpenting adalah jangan pernah memiliki niat untuk membalas dendam pada mereka. Kantor adalah tempat dinamis dengan banyak kepribadian. Semua perlu kerja sama dan saling memahami satu sama lain. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE