Puasa Saat Hamil, Why Not! Ini Tips & Manfaatnya | Breaktime
Puasa Saat Hamil, Why Not! Ini Tips & Manfaatnya
02.06.2017

Sudah bukan rahasia umum lagi jika puasa berdampak positif pada kesehatan. Tapi, bagaimana dengan ibu hamil? Apakah dengan berpuasa juga berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janinnya? Sama saja, kecuali kondisi sang ibu fit dan sehat. Namun, untuk ibu hamil yang berpuasa tetap harus menjaga kehamilannya dengan perlakuan khusus selama berpuasa. Mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur hingga kegiatan yang dilakukan selama berpuasa.

Ada kiat-kiat khusus, nih, B’timers untuk tetap fit saat berpuasa meski Anda dalam kondisi hamil. Sebelumnya Anda juga perlu tahu bahwa berat bayi saat lahir tidak dipengaruhi dari kondisi berpuasa atau tidaknya sang ibu. IQ bayi juga tidak dipengaruhi hal tersebut. Lalu bagaiman tips sehat ibu hamil saat berpuasa?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ingin Puasa Anti Lapar Dan Haus? Bisa!

Ketika sahur ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kehamilan selama berpuasa. Mulai dari makanan yang harus dikonsumsi saat sahur. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks, protein tinggi, serat tinggi, dan air putih. Anda juga disarankan untuk minum susu saat sahur. Nutris tersebut akan cukup menjadi stock selama Anda menjalankan ibadah puasa, karena mampu mencegah dehidrasi dan bisa kenyang lebih lama.

Ada juga jenis makanan dan minuman yang harus Anda hindari saat sedang sahur. Teh, kopi, makanan berlemak seperti santan dan gorengan, makanan pedas, dan makanan manis adalah sebagian yang harus dihindari. Mengonsumsi makanan berlemak justru akan membuat Anda mual, sebah, dan kembung selama berpuasa. Sedangkan untuk makanan manis, bisa membuat Anda merasa cepat lapar karena insulin shock. 

Puasa Saat Hamil, Why Not! Ini Tips & Manfaatnya | Breaktime
Tetap konsumsi makanan bernutrisi tinggi saat sahur dan berbuka
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tetap Fresh Saat Puasa, Ini Menu Sehat untuk Berbuka

Lalu apa yang bisa dilakukan saat sedang menjalankan ibadah puasa untuk ibu hamil? Ternyata manfaatnya sangat besar, lho. Ibu hamil yang niat puasa dengan hati ikhlas dan bahagia bisa membuatnya mengurangi risiko stress. Meski begitu tetap saja, moms juga harus memiliki istirahat yang cukup selama berpuasa.

Namun, ada beberapa masalah yang bisa muncul ketika Anda sedang berpuasa. Hal-hal apa saja ya? Misalnya jika Anda muntah –muntah lebih dari tiga kali, mengalami diare, misisan, lemas, pusing, dan berkeringat dingin, sebaiknya Anda langsung membatalkan puasa demi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Selanjutnya adalah aturan saat berbuka untuk ibu hamil. Saat berbuka, moms boleh saja mengonsumsi makanan manis untuk menaikkan gula darah. Namun, tetap jusahakan jangan berlebihan dan harus dibatasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Stamina Terjaga Meski Puasa dengan Tips Berikut!

Nah, agar kerja lambung kembali normal, sangat disarankan untuk Anda minum minuman dingin. Awali dengan porsi sedikit saat makan, kemudian lanjutkan dengan porsi yang lebih besar. Sebelum tidur juga Anda sangat disarankan untuk makan ringan dan minum minuman hangat agar tubuh bisa memproses untuk tetap memproduksi ASI.

Satu hal lagi yang paling penting adalah saat Anda sukses menjalankan puasa hingga bedhug maghrib, cobalah sesekali untuk ngabuburit agar puasa lebih menyenangkan. Anda bisa jalan-jalan ke pasar ramadhan atau sekedar browsing santai di rumah. Moms bisa cek-cek situs investasi disini jangka panjang untuk kelahiran bayi dan masa depan buah hati. Selamat berpuasa, moms! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE