Posisi Tidur yang Baik bagi Payudara Sehat | Breaktime
Posisi Tidur yang Baik bagi Payudara Sehat
28.11.2017

Tidur merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar manusia. Pernahkah B’timers merasa kian lelah justru setelah tidur semalaman? Seringkali Anda akan menyalahkan kasur Anda yang terasa kurang nyaman atau terlalu luas. Faktanya, kualitas tidur Anda dipengaruhi oleh posisi tidur yang baik. Tak hanya bagi vitalitas tubuh, tidur yang baik juga dapat berpengaruh terhadap kondisi payudara. Salah posisi tidur justru mampu membuat bentuk payudara B’timers menjadi kendur. Wanita mana sih yang tidak ingin memiliki payudara yang padat sempurna? Selain menunjang hidup sehat, payudara yang tidak kendur juga dapat menunjang penampilan Anda.

Ada banyak cara alami yang bisa B’timers lakukan untuk mengencangkan payudara, salah satunya ialah dengan mengatur posisi tidur yang baik dan tepat. Beberapa orang meyakini bahwa posisi tidur yang paling sehat ialah dengan memiringkan tubuh ke kiri dan menekuk kaki sambil memeluk bantal atau guling di antara kedua lutut. beberapa agama dan kepercayaan tertentu bahkan menyarankan untuk tidur menghadap ke arah kanan. Manakah posisi tidur yang terbaik dan paling bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berhenti Buat To-Do List & Lakukan Hal Ini

Dilansir dari nationalgeographic.co.id, posisi tidur yang baik sejauh ini berdasarkan ilmu medis ialah berbaring menyamping menghadap ke arah kiri. Menurut Dr. Josh Axe, spesialis ahli tidur, posisi tidur menghadap kiri dapat meringankan sakit punggung dan mencegah Anda mendengkur keras.  Selain itu, posisi tersebut juga bisa mencegah naiknya asam lambung alias reflux. Posisi tidur menghadap kanan, sebaliknya, menurut psikolog klinis Michael Breus, tidaklah dianjurkan karena dapat menekan pembuluh darah dan mencegah sirkulasi maksimum ke seluruh tubuh. Untuk mengimbangi minimnya sirkulasi darah, tubuh Anda akan secara reflex bergerak sedikit demi sedikit sehingga Anda cenderung gelisah dan tidak bisa tidur. 

Posisi Tidur yang Baik bagi Payudara Sehat | Breaktime
Posisi tidur seperti apa yang baik bagi kesehatan payudara?

Tidur dengan posisi terlentang bisa dikategorikan aman secara kesehatan karena dapat menyeimbangkan posisi leher, kepala, dan punggung. Dengan demikian, Anda tak lagi merasakan keluhan nyeri di area punggung dan leher. Sayangnya, tidur terlentang juga bisa memicu kebiasaan mendengkur bagi B’timers yang memiliki bakat atau faktor keturunan mendengkur di keluarga. Hal tersebut dikarenakan oleh posisi tidur terlentang menjadikan pangkal lidah turun menghalangi saluran pernafasan sehingga dapat menghambat sirkulasi udara serta memicu timbulnya suara dengkuran yang keras.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Kekhawatiran Bisa Bermanfaat, Percaya?

Tidur terlentang sendiri secara umum merupakan posisi tidur yang baik bagi payudara. Alasannya, dengan posisi ini, gravitasi dapat menarik bobot dari seluruh anggota tubuh secara merata, tak terkecuali bagian pada kulit wajah maupun payudara. Posisi tidur terlentang, sayangnya, tidaklah disarankan bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan sakit punggung dan pinggang akibat tekanan bobot janin. Bagi yang berpotensi mendengkur, B’timers bisa meminimalisir dengkuran dengan cara meminum air putih sebelum tidur.

Tidur dengan posisi miring termasuk posisi tidur yang baik karena dapat memperlancar sistem pernafasan, meminimalisir ketegangan di area punggung, hingga mengurangi kebiasaan tidur mendengkur. Posisi miring saat tidur juga bermanfaat bagi kesehatan payudara wanita asalkan bagian payudara diganjal dengan menggunakan bantal atau guling. Anda sebaiknya mengenakan bra dengan ukuran yang pas agar tidak menyebabkan salah satu sisi payudara kendur karena tertekan oleh bobot tubuh dan tempat tidur. Tentu saja, tidur tanpa mengenakan bra merupakan alternatif terbaik bagi kesehatan payudara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Selamatkan Lingkungan Hidup Melalui Tangan Anak

Tidur dalam keadaan tengkurap merupakan posisi tidur yang paling tidak dianjurkan. Sering tidur tengkurap dapat menyebabkan nyeri di bagian bawah punggung dan leher sekaligus menekan bagian saraf serta perut. Tak hanya itu, posisi tidur tengkurap juga tidaklah direkomendasikan bagi wanita sebab dapat menekan bagian payudara dengan terlalu kuat sehingga berisiko cepat mengendur. Nah kini B’timers tahu bukan posisi tidur seperti apa yang harus Anda terapkan untuk mendapatkan istirahat maksimal malam ini? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE