Pertemanan Zaman Now Butuh Budget Fantastis. Setuju? | Breaktime
Pertemanan Zaman Now Butuh Budget Fantastis. Setuju?
04.04.2018

Hidup di zaman serba ada dan serba mudah saat ini terkadang bikin kamu mikir ke dalam nggak, sih? Berpikir kalau kemudahan ini selalu bisa dibeli dengan uang. Hal ini yang memicu kamu jadi lebih konsumtif dan mudah sekali mengeluarkan uang , mulai dari kebutuhan hingga keinginan sesaat. Apalagi untuk kamu-kamu yang hidup di kota-kota besar. Mesti kuat iman dan memutar otak untuk tidak menjadi super konsumtif. Berikut Breaktime jabarin apa aja buktinya.

Makan di Café/Restoran Lucu dan Unik

Banyaknya tempat makan lucu di kota-kota besar membuat siapa pun kepingin datang ke sana untuk memuaskan rasa penasaran mereka. Mulai dari mencicipi hidangannya, hingga cuma buat foto-foto lucu di sana. Belum lagi tempat makan ini dijadikan patokan kamu dan teman-temanmu untuk singgah ke sana. Makan siang, pulang kantor atau akhir pekan. Kebayang berapa ratus ribu habis begitu saja untuk hal ini.

Jahit Seragam Teman Nikahan


Makan di cafe, restoran lucu dan unik (image-pexels.com)

Buat kaum Adam bisa sedikit bernapas lega, soalnya paling jarang dapet giliran dibagikan seragam buat nikahan sang sahabat. Yah, paling nggak sih nggak perlu jahit baju tiap acara ke tukang jahit. Bayangkan ketika kamu jadi perempuan, apalagi kamu tipe yang punya sahabat di mana-mana. Kebayang nggak setiap teman kamu kasih seragam dan harus dijahit pula. Kisaran jahitan juga lumayan, sekitar Rp300 ribuan ke atas. Kalau punya tukang jahit langganan sih enak. Nah, kamu bisa akalin sebenernya dengan menggunakan baju-baju dengan warna yang udah ada. Nggak usah sungkan dan gengsi kalau kamu nggak jahit lagi. Buat model yang bisa digunakan segala zaman, yang penting ukurannya semoga nggak berubah. Yah, paling nggak semoga bisa muat dipakai beberapa tahun ya.

Beli Kopi Di Gerai Kopi


Beli kopi di gerai kopi (image-pexels.com)

Kalau belinya sesekali mungkin nggak begitu kerasa. Tapi coba bayangkan setiap hari setidaknya kamu harus beli kopi di salah gerai kopi ternama itu? Seenggaknya kamu harus merogoh kocek Rp30 ribuan ke atas kan? Coba akali sesekali dengan beli bubuk kopi aja. Banyak kan bubuk kopi lokal yang sifatnya nggak ngerampok kantong kamu banget? Seenggaknya meminimalisir gaya hidup yang paling mudah dilakukan.

Gaji Pertama dan Seterusnya, Bonus, THR, Ulang Tahun , Kantor Baru, Resign Perlu Keluar Duit


Gaji pertama dan seterusnya, bonus, THR, Ulang Tahun, kantor baru, resign perlu keluar duit (image-benzano.com)

Sebenernya esensi dari ke-tiga hal di atas adalah menambah pundi-pundi keuangan kamu. Tiap bulan gaji masuk ya untuk memenuhi kebutuhan hidup selama ini. Begitu juga dengan masuk kantor baru dan keluar kantor. Demi menambah tabungan dan hal lain yang lagi kamu butuhkan banget. Tapi entah di lingkungan kita doing atau di banyak lingkungan, kebiasaan ini pasti terjadi. Yah, sebagai rasa syukur ada lah uang rasa syukur tersebut. Bayangin setiap hal-hal di atas kamu perlu keluar uang untuk orang-orang di sekitar yang kebetulan juga nggak deket-deket banget. Cuma karena nggak enak dan nggak mau dibilang pelit. Semua mesti dipikir secara bijak dan oenuh pengertian, ya. Nggak semua orang bisa dengan mudah mengeluarkan uang hanya untuk gaya hidup. Siapa tahu, uang tambahan tersebut untuk cicilan rumah sakit atas kelahiran anaknya kelak? Hayooo.

Baby Shower dan Perayaan Lainnya


Baby shower dan perayaan lainnya (image-blogspot.com)

Kalau punya duit lebih sih enak ya. Tapi kalau duit pas-pasan? Tega nggak sih kamu maksa teman kamu buat ikutan kegiatan ini? Belum perayaan-perayaan lainnya yang cuma butuh eksistensi dunia maya. Duh, akan lebih baik jika uang tersebut kamu gunakan untuk orang yang lebih membutuhkan. Sesekali sih oke. Tapi kalau diteruskan semacam piala bergilir? Mungkin ada teman kamu yang sebenernya nggak enak untuk nolak dan jadi terpaksa untuk ikutan. Daripada dicoret dari daftar sahabat baik ya udah manut aja deh~

Gimana? Coba hitung pengeluaran dan pemasukan kamu secara bijak. Ikuti hal-hal semacam di atas juga dengan penuh perhitungan. Kalau kamu dibilang pelit, coba bicarakan baik-baik sama teman-teman kamu. Kalau mereka semua ngerti, siapa tahu bisa kasih solusi. Ingat, pertemanan yang baik nggak cuma materi melulu. Ketulusan dan keikhlasan adalah kunci pertemanan kamu terbukti sehat :)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE