Pernah Garuk Kepala Saat Stres? Ini Manfaatnya! | Breaktime
Pernah Garuk Kepala Saat Stres? Ini Manfaatnya!
04.10.2017

Stres mungkin lebih sering dialami oleh kebanyakan orang sekarang ini. Ada banyak faktor yang menyebabkan stres. Salah satunya adalah terlalu banyak bekerja dan kurang refreshing. Jika dibiarkan, stres bisa menyebabkan sakit kronis. Itulah mengapa Anda harus segera melawan stres. Tetapi, tak sedikit orang yang mengerti apakah dirinya sedang mengalami stres atau tidak.

Anda sebenaranya bisa mengenali stres yang sedang dialami dari beberapa tanda pada tubuh. Salah satunya adalah dengan menggosok tangan, menggaruk kepala, atau mengusap pelipis. Semua itu ternyata itu beberapa tanda bahwa Anda mengalami stres dan memiliki manfaat besar. Sebelumnya ada beberapa tanda lain yang sebaiknya Anda lawan untuk menghapus stres.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tidak Suka Dengan Pekerjaanmu? Coba Lakukan Ini!

Beberapa orang seringkali kehilangan nafsu makannya. Stres memberi tekanan pada semua sistem tubuh. Tetapi sebenarnya di bawah tekanan tubuh Anda bisa mengatur diri sendiri. Itulah mengapa beberapa orang juga akan semakin bertambah nafsu makannya. Hanya saja saat stres, orang akan lebih ingin makan makanan cepat saji, soda, kafein, nikotin, dan alkohol.

Selain itu, pernahkah Anda mendapati beberapa bagian tubuh memar? Bisa jadi itu juga tanda-tanda stres. Ini karena tubuh dilengkapi dengan mekanisme bertahan hidup yang memastikan kita tidak collapse saat berada di bawah tekanan. Terkadang bahkan tubuh tidak merasa bahwa ada yang memar, itu karena stres juga memicu pelepasan endorfin yang menjadi penghilang rasa sakit alami pada tubuh.

Tanda yang paling umum adalah rambut rontok. Sudah banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa rambut rontok bisa jadi merupakan gejala bahwa Anda sedang mengalami stres. Rambut rontok pada wanita yang sedang stres ini karena terjadi penyempitan arteri yang akhirnya membatasi aliran darah ke kulit kepala.

Pernah Garuk Kepala Saat Stres? Ini Manfaatnya! | Breaktime
Ada beberapa gestur yang akan ditunjukkan saat stres
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ingin Bekerja Sambil Berbisnis? Lakukan Ini Dulu!

Stres juga memicu Anda untuk melakukan gerakan-gerakan seperti menggaruk atau menggosok-gosok kepala. Seringkali seseorang akan menggaruk kepala mereka dengan tujuan agar stres itu bisa hilang seperti saat kita digigit nyamuk, kemudian menggaruknya dan rasa gatal pun hilang.

Peneliti dari University of Plymouth menghabiskan 8 bulan penelitian di Puerto Riko untuk mempelajari sekawanan kera rhesus. Mereka mengobservasi gestur para kera, khususnya saat mereka menggaruk tubuhnya. Mereka pun menemukan beberapa hal, seperti kera cenderung menggaruk saat terjadi peningkatan tekanan sosial. Seekor kera juga menggaruk bagian tubuhnya di depan kera lain sebagai bentuk stres. Cara itu rupanya bisa mengurangi 25% risiko kera lain menjadi lebih agresif.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Interview via Skype yang Tak Kalah Menantang

Peneliti pun menyimpulkan bahwa seseorang yang menggaruk kepalanya atau gestur lain saat sedang stres adalah untuk mengatakan pada dunia bahwa Anda sedang stres. Itu diharapkan agar orang-orang di sekitar Anda lebih baik terhadap Anda yang sedang tertekan. Orang yang sedang tertekan memang bisa berperilaku yang tidak bisa diprediksi seperti memberikan agresi berisiko atau perilaku yang tidak perlu.

Well, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi stres. Salah satunya dengan memberikan perlindungan pada diri Anda dengan klik di sini



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE