Percaya Hal Ini Bakal Bikin Anda Betah di Kantor | Breaktime
Percaya Hal Ini Bakal Bikin Anda Betah di Kantor?
14.01.2017

Masih ingat seperti apa perasaan Anda ketika hari pertama masuk sekolah, B’timers? Seperti datang ke tempat asing, di mana kita adalah makhluk dari planet lain. Dan hingga sekarang pun hal tersebut masih kita rasakan. Ketika pertama kalinya kita bekerja di perusahaan baru, tentu aka nada perasaan gugup di dalam hati, kan, B’timers?

Dan jangan salah, lho. Bahkan karyawan yang paling berpengalaman di dunia sekalipun tetap merasakan hal yang sama ketika hari pertama mereka bekerja di perusahaan baru. Memasuki ruangan yang sama sekali baru. Bertemu dengan orang-orang baru. Mempelajari prosedur yang berbeda. Menenggelamkan diri dalam budaya perusahaan yang baru.

Namun jangan cemas dan kendalikan perasaan gugup Anda pada hari pertama bekerja pada perusahaan baru, deh. Karena sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa merasa betah di kantor Anda yang baru, B’timers. Bahkan di hari pertama Anda, lho. Wah, penasaran seperti apa caranya untuk dapat mendatangkan perasaan itu, ya?

Sebuah papan khusus untuk memajang foto-foto masing-masing karyawan beserta keluarganya ternyata mampu memberikan kesan homey pada karyawan baru, lho. Tak hanya memajang foto karyawan, Anda juga dapat memasang pemberitahuan penting dari perusahaan di papan tersebut. Dan tak perlu dibatasi apa yang boleh dipajang di papan. Asalkan tidak melanggar privasi seseorang.

Percaya Hal Ini Bakal Bikin Anda Betah di Kantor | Breaktime
Luangkan waktu makan bersama. Photo by google.com

Untuk bisa membuat seseorang merasa nyaman di tempat baru, tentu penambahan hal maupun barang yang sederhana akan sangat membantu. Tambahkan barang seperti mesin kopi otomatis, pendingin air, tisu basah di washroom, kotak berisi tusuk gigi di ruang makan khusus karyawan, cukup membuat kita merasa seperti berada di rumah.

Well, tahukah Anda, bahwa sebenarnya seragam yang ditentukan oleh kantor untuk karyawannya yang membuat mereka merasa gugup menjalani hari pertama mereka di perusahaan. Nah, untuk itulah, Anda bisa membuat jadwal satu hari bebas seragam. Untuk menambah semangat karyawan bekerja, terapkan di hari Jumat menjelang akhir pekan, deh.

Ada hal yang membuat seseorang merasa jenuh bekerja di kantor. Ya, menatap layar sepanjang hari dari Senin hingga Jumat, duduk seharian penuh. Belum lagi jika di waktu istirahat, mereka masih saja dikejar deadline. Cuku  mempengaruhi kinerja karyawan, jika setidaknya disediakan waktu 20 menit pada jam istirahat untuk mereka bisa tidur siang.

Bagi karyawan yang telah berkeluarga dan memiliki anak, terkadang mereka tentu ingin membawa anak ke kantor. Dan jika buah hati dibiarkan ada di ruangan bekerja, tentu menurunkan tingkat produktifitas sang ibu. Adanya ruangan khusus menitipkan anak di kantor, terbukti mampu meningkatkan kebetahan karyawan di kantor, lho, B’timers.

Kedekatan para karyawan di sebuah perusahaan juga masuk ke dalam syarat utama yang bisa membuat mereka merasa betah tanpa perasaan terpaksa. Untuk mengatasinya, dibukanya jam pertemuan khusus para karyawan dengan seluruh atasannya akan sangat membantu. Tak perlu dilakukan secara rutin, tapi setidaknya luangkan waktu.

Dan selain pertemuan antar karyawan di perusahaan yang dapat membuat karyawannya merasa betah di kantor, ternyata adanya perayaan hari spesial di kantor juga dapat membuat mereka merasa semakin betah, lho. Buatlah kalender khusus yang berisi tanggal ulang tahun setiap karyawan dan hari spesial lainnya. Dan rayakan bersama semua karyawan.

Ternyata untuk membuat karyawan betah di kantor, dapat dimulai dengan hal-hal yang sederhana, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE