Pentingnya Pendidikan Gender untuk Anak | Breaktime
Pentingnya Pendidikan Gender untuk Anak
10.09.2016

Sejak masih kecil, anak sudah diajarkan berbagai hal di lingkungan sekitarnya. Seperti misalnya diajarkan berbicara, membedakan warna, membedakan bentuk, dan lain-lain. Namun, tidak banyak orang tua yang mengajarkan anak mereka tentang identitas seksual atau perbedaan gender.  Berbagai alasan muncul kenapa banyak orang tua yang tidak memberikan pendidikan gender, antara lain karena usianya yang belum pantas untuk mendapatkan pendidikan tersebut atau nantinya juga sang anak akan mengetahui dengan sendirinya.

Padahal, pendidikan gender sangat penting diberikan sejak dini di era saat ini. Hal ini dikarenakan maraknya diskriminasi, prasangka, dan intimidasi terhadap gender. Pendidikan gender berbeda dengan pendidikan seksual. Pendidikan gender adalah sebatas ilmu tentang perbedaan jenis kelamin seperti wanita dan pria. Selain itu juga, membahas dan memberikan pengertian tentang apa itu transgender, homophobia, dan heterosexism kepada anak-anak.

Baca juga : KEUNTUNGAN ANAK-ANAK YANG MEMILIKI IBU PEKERJA

Khususnya di Indonesia, yang sedang menggiatkan kesetaraan gender antara pria dan wanita. Hal ini juga dapat menjadi alat agar wanita lebih dihargai, dilindungi, dan tidak dianggap remeh. Tentu saja, pendidikan tentang perbedaan gender ini harus diajarkan dengan benar dan secara menyeluruh. Tidak harus memberikan ilmunya secara formal, tetapi akan lebih baik dengan menggunakan cara yang lebih inovatif yang memudahkan anak-anak untuk menyerap pengetahuan tersebut.

Pentingnya Pendidikan Gender untuk Anak | Breaktime
Pentingnya pendidikan gender sejak usia dini

Pendidikan gender yang diajarkan sejak dini mampu membuat anak-anak lebih menghargai tubuh lawan jenisnya, mencegah homoseksual, dan mengurangi diskriminasi gender. Selain itu juga, pendidikan gender sejak dini juga mampu mengubah pola pikir masyarakat Indonesia tentang kesetaraan gender yang mampu mengubah tatanan sosial yang lebih adil dan manusiawi.

Oleh karena itu, disarankan untuk setiap orang tua memiliki pengetahuan tentang perbedaan gender, sehingga dapat memberikan edukasi mengenai hal tersebut sejak dini. Anda juga tak perlu takut atau berfikir terlalu jauh jika harus memberikan pendidikan gender pada anak, karena hal ini justru sama pentingnya dengan memberikan pendidikan tentang agama. (vpd)

Share This Article