Kebahagiaan Akan Pudar pada Usia 30! Benarkah? | Breaktime
Penelitian Mengatakan, Kebahagiaan Akan Perlahan Pudar pada Usia 30 tahun
08.11.2015

Sebuah penelitian baru yang diunggah pada Jurnal Social Psychological and Personal Science mendapatkan sebuah hasil yang cukup mengejutkan. Mereka yang memiliki usia 30 tahun ke atas  ternyata merasakan kebahagiaan perlahan-lahan memudar karena berbagai hal yang terjadi.

Berdasarkan pada Jean Twenge Ph.D, seorang profesor di San Diego State, bertambahnya umur seharusnya membawa kebahagiaan dan kepuasan. Namun sepertinya hal tersebut sekarang sudah sangat berbeda jauh, tambah Jean Twenge.

Kebahagiaan Akan Pudar pada Usia 30! Benarkah? | Breaktime
Kehidupan yang semakin keras membuat rasa bahagia pudar

Dimulai dengan data pada awal 1970-an, Twenge dan teman-temannya menemukan bahwa orang dewasa berusia 30 tahun ke atas dahulu memang merasakan bahagia dibandingkan dengan mereka yang berusia di bawahnya atupun juga remaja.

Namun, kebahagiaan tersebut semakin terkikis seiring berkembangnya zaman. Banyak orang dewasa yang merasakan kurang bahagia atau kurang puas terhadap kehidupan yang sedang dijalanainya. Banyak sekali persaingan ataupun kompetisi antar individu yang berpengaruh besar pada kebahagiaan. Tidak heran banyak sekali kasus bunuh diri atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang saat ini.

Jangan terlalu terbawa terlebih dahulu, meski begitu, ada juga hasil lainnya yang didapat dari penelitian tersebut. Sebab, 1 dari 3 orang masih mengaku merasa bahagia (kebahagiaan yang sebenarnya) sampai saat ini. Kebahagiaan sebenarnya terletak pada diri Anda sendiri, jadi putuskanlah mana yang akan dipilih. Jadikan hidup tetap dan makin bahagia dengan melakukan semuanya tulus dari dalam hati. (ya)

Share This Article