Fakta Tentang Memelihara Kucing Menyebakan Keguguran | Breaktime
Pelihara Kucing Sebabkan Keguguran? Ini Faktanya!
08.08.2015

B’timers pasti sudah pernah mendengar mitos bahwa memelihara kucing bisa membuat seorang wanita sulit hamil atau memicu risiko keguguran. Nah, hal ini ternyata tidak sepenuhnya salah, meski bukan kucing yang jadi penyebabnya melainkan parasit bernama Toxoplasma Gondii.

Parasit Toxoplasma menyebabkan seseorang terserang penyakit Toksoplasmosis yang menyerang sistem imunitas manusia. Sebenarnya, penyakit ini tidak membahayakan seseorang yang ada dalam kondisi sehat. Namun, rendahnya kekebalan tubuh wanita hamil membuat parasit lebih ‘leluasa’ bergerak dan memicu gejala kesehatan yang serius.

Biasanya, parasit ini pertama kali bersarang pada kulit saat seseorang membersihkan kotoran atau bulu kucing. Kemudian, parasit ini merambat masuk ke dalam jaringan kulit dan terbawa darah ke plasenta. Sayangnya, penyakit ini tidak memiliki gejala awal sehingga sulit dicegah.

Toksoplasmosis bisa menyebabkan cacat fisik pada janin, kerusakan pada otak, dan gangguan fungsi mata. Wanita hamil yang terserang Toksoplasmosis juga berisiko untuk mengalami persalinan dini alias keguguran. Sedangkan pada wanita yang masih dalam masa subur, penyakit ini menyerang saluran telur dan menyumbatnya sehingga sel telur tidak bisa dibuahi.

Selektif dalam memilih makanan kucing membantu mencegah munculnya parasit
Selektif dalam memilih makanan kucing membantu mencegah munculnya parasit

Untuk menghindari parasit Toxoplasma bersarang pada tubuh kucing, perhatikan kebersihannya. Selalu bersihkan kandang kucing, mandikan secara teratur, dan hindari memberi makan daging mentah. Sereal khusus kucing merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan karena bisa mencegah munculnya parasit pada kucing.

Selain itu, hindari kontak langsung dengan kotoran ataupun muntahan kucing. Untuk membersihkannya, gunakan sarung tangan atau alat seperti sapu dan pel. Jangan biarkan peliharaan kesayangan memupuskan harapan Anda untuk memiliki buah hati ya, B’timers!

Share This Article