3 Dampak Negatif Ospek yang Mempengaruhi Mental! | Breaktime
Ospek Ternyata Punya 3 Dampak Negatif untuk Mental
27.07.2015

Banyak yang menganggap bahwa Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) merupakan cara paling efektif untuk menanamkan kedisiplinan kepada para calon mahasiswa. Benarkah demikian? Ternyata, di balik Ospek, banyak sisi negatif yang justru bisa mencederai mental para calon mahasiswa, berikut di antaranya:

Trauma psikologi

Bentakan seringan apapun bisa menimbulkan trauma
Bentakan seringan apapun bisa menimbulkan trauma

Tidak bisa dipungkiri bahwa Ospek dengan jalan perpeloncoan akan menimbulkan trauma psikologis yang mendalam bagi para korbannya. Tindakan menekan dari sang senior akan mempengaruhi perkembangan mental para mahasiswa. Bukannya menanamkan rasa hormat dan dispilin, Ospek justru akan menimbulkan ketakutan yang terus menghantui di dalam diri para korban.

Menimbulkan rasa dendam

Dengan diharuskannya menuruti segala keinginan panitia, para peserta diwajibkan untuk patuh dan tunduk terhadap semua perintah. Jika tidak patuh, hukuman, bentakan dan cacian akan dengan gampangnya didapat. Meski tidak dihukum secara langsung, kesan yang ditimbulkan pada saat Ospek akan menempel terus dalam ingatan dan bisa jadi malah terbawa menjadi dendam di kemudian hari.

Mempengaruhi rasa percaya diri

Hukuman yang memalukan bisa mempengaruhi rasa percaya diri
Hukuman yang memalukan bisa mempengaruhi rasa percaya diri

Meski tak selalu, namun banyak senior yang memperlakukan para junior dengan seenaknya. Dengan mudahnya mereka memberikan hukuman yang memalukan, misalnya menari atau menyanyi di depan mahasiswa lain. Hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri, yang dampaknya mungkin masih akan terasa hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Banyak jalan lain untuk memperkenalkan mahasiswa dengan dunia perkuliahan selain melalui Ospek. Pengenalan bisa dilakukan dengan kegiatan positif seperti halnya melakukan kerja bakti bersama-sama atau menggelar acara kesenian yang melibatkan seluruh mahasiswa baru.

Share This Article