Orang Sukses Lakukan Ini untuk Optimalkan Waktu | Breaktime
Orang-Orang Sukses Lakukan Ini untuk Optimalkan Waktu Mereka
04.12.2015

Orang-orang sukses sangat pandai dalam mengelola waktu mereka. Mereka mengerti bahwa waktu sama pentingnya dengan uang yang bisa mereka hasilkan dari mengelola waktu tersebut. Sehingga, mereka sangat fokus dengan penggunaan waktu, B’timers, dan itu membutuhkan ketekunan yang konsisten. Lalu, apa saja hal-hal yang dilakukan orang sukses untuk memaksimalkan waktu mereka?

Mereka berbagi tugas


Orang sukses tahu mereka tak bisa melakukan semuanya dengan sempurna. Itulah mengapa mereka berbagi tugas dengan orang lain agar pekerjaan mereka lebih cepat selesai.

Mereka mengutamakan prioritas

Ada hal-hal yang urgent namun tidak penting, ada hal-hal yang penting namun tidak urgent. Orang sukses bisa menyeimbangkan ini dan menyelesaikan semuanya dengan tepat.

Mereka menata hidup

Menurut prinsip Pareto, 20 persen dari aksi kita bisa menghasilkan 80 persen hal positif dalam hidup kita. Orang sukses tahu bahwa waktu mereka bisa terbuang lewat obrolan-obrolan ringan, tak memiliki rencana apapun dan tidak mengikuti rencana.

Mereka selalu mengevaluasi waktu


Tak seperti orang yang tidak sukses, orang sukses selalu mencatat berapa lama waktu yang sudah mereka habiskan untuk beraktivitas. Mereka tahu berapa lama waktu yang terbuang.

Orang Sukses Lakukan Ini untuk Optimalkan Waktu | Breaktime
Orang sukses dapat mengelola waktu dengan sangat baik

Mereka selalu on time

Orang sukses selalu memiliki waktu bebas yang mereka dapat dari menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Kebiasaan on time membuat mereka punya lebih banyak waktu luang.

Mereka menciptakan ritual

Orang-orang sukses mempunyai kebiasaan yang selalu mereka taati. Misalnya saja, mereka harus sarapan selama 15 menit, maka mereka takkan pernah melanggarnya sendiri.

Mereka membuat rencana harian

Tak ada hal yang bisa dilakukan dengan benar-benar tepat dan efektif tanpa adanya perencanaan strategi. Orang sukses dapat membuat rencana dengan baik dan menepatinya. Ini membuat mereka lebih produktif dan efektif.

Mereka punya motivasi

Mereka mengarahkan energi dan tenaga mereka kepada hal-hal yang memang menjadi passion mereka. Sulit memadukan skill dan passion, namun orang sukses bisa melakukannya.

Mereka fokus pada satu hal dalam satu waktu

Orang sukses paham betul bahwa multitasking sebenarnya sangat membuang waktu. Yang terbaik adalah meningkatkan efisiensi diri dan performa dengan fokus pada satu pekerjaan saja dan menyelesaikannya sebelum mengerjakan pekerjaan yang lain.

Nah, bagaimana dengan B’timers? Sudah melakukan hal-hal tadi? Jika belum, biasakanlah dan siaplah menjadi orang yang sukses. (md)

Share This Article