Orang Dewasa Takut Tidur? Ternyata ini Alasannya | Breaktime
Orang Dewasa Takut Tidur? Ternyata ini Alasannya!
19.06.2016

Siapa saja, nih yang sering berharap agar malam segera tiba, jadi kita bisa segera pergi tidur, B’timers? Eits, tapi ternyata ada beberapa orang di dunia yang menderita gangguan kecemasan yang berhubungan dengan tidur, lho, B’timers. Itu disebut somnophobia, kondisi di mana seseorang takut untuk pergi tidur. Dan berikut alasan-alasan tidak berani tidur yang dimiliki orang dewasa, B’timers.

Berjalan dalam tidur

Sleepwalking merupakan salah satu penyebab seseorang takut untuk tidur. Kebanyakan mereka yang berjalan dalam tidur tidak melakukan sesuatu yang membahayakan. Yang membuat ketakutan muncul adalah ketika mereka terbangun di tempat lain selain ranjang di kamar.

Takut pada kematian

Anda tentu sudah tahu, kematian disebut sebagai “tidur besar”. Dan para penderita somnophobia itu mempercayai bahwa jika mereka tertidur maka kematian itu akan datang, B’timers. Hal ini disebabkan karena ketika tidur kita tidak memiliki kendali atas tubuh sepenuhnya.

Kelumpuhan tidur

Dan alasan-alasan tidak berani tidur lainnya yang dimiliki orang dewasa adalah keumpuhan tidur. Orang yang mengalami kelumpuhan tidur akan terbangun dan tidak mampu menggerakkan semua otot tubuh, B’timers. Jika sering terjadi, maka orang tersebut akan takut untuk tidur.

Orang Dewasa Takut Tidur? Ternyata ini Alasannya | Breaktime
Ternyata bukan anak kecil saja yang bisa takut tidur, lho

Sulit untuk terlelap

Banyak yang mengalami kesulitan untuk tidur. Dan jika bisa tidur sekalipun, mereka akan mendapatkan mimpi buruk. Ketika mereka terbangun karena panik, biasanya akan lebih sulit lagi untuk terpejam, lho. Penderita fobia tidur akan merasa semakin takut untuk tidur lagi, B’timers.

Memiliki trauma

Pengalaman langsung yang memicu timbulnya trauma bisa menjadi alasan lain orang dewasa memiliki fobia tidur, lho, B’timers. Misalnya saja kematian orang yang dicintainya yang sering kali menjadi pemicu utama timbulnya ketakutan untuk pergi tidur pada beberapa orang dewasa.

Nah, itu tadi alasan-alasan tidak berani tidur yang dimiliki oleh beberapa orang dewasa. Jangan sampai Anda mengalaminya, ya, B’timers? (NO)

Share This Article