Oh, Ternyata Ini Bedanya Simpati dengan Empati! | Breaktime
Oh, Ternyata Ini Bedanya Simpati dengan Empati!
28.12.2016
“Empathy is one of the most delicate and powerful ways we have of using ourselves” – Carl Rogers

Tahu apa perbedaan simpati dan empati, B’timers? Well, keduanya memang sama-sama sebagai bentuk kepedulian seseorang terhadap orang lain. Namun sebenarnya ada banyak hal yang membedakan kedua wujud tersebut. Daripada bingung, intip seperti apa perbedaan antara simpati dengan empati di bawah saja, yuk, B’timers!

Oh, Ternyata Ini Bedanya Simpati dengan Empati! | Breaktime
Pelukan ternyata hanya bentuk simpati, lho

Jika menengok ilmu psikologi, empati lebih berfokus daripada simpati. Dan bagi para konselor, sisi inilah yang selalu ditunjukkan pada pasiennya. Namun kenapa empati jauh lebih penting? Hal tersebut karena empati melibatkan diri kita secara lebih dalam untuk memahami keadaan emosi serta pengalaman yang dimiliki oleh orang lain.

Sementara simpati hanya sebuah bentuk dari kasih sayang. Namun sayangnya banyak orang yang hanya menunjukkan rasa ini sebagai wujud dari rasa kasihan saja, B’timers. Dan hasilnya dapat membuat orang lain justru lebih merasa diremehkan. Simpati seringkali membawa Anda ke rasa kemanusiaan yang perlu dibagi dengan sesama.

Oh, Ternyata Ini Bedanya Simpati dengan Empati! | Breaktime
Kemampuan berempati berlatar belakang pengalaman

Di sisi lain, empati melibatkan ketulusan yang tinggi terhadap sesuatu yang terjadi ataupun dialami oleh orang lain. Dibandingkan dengan simpati, rasa empati bukan merupakan perwujudan dari rasa kasihan. Mereka yang berempati akan benar-benar meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang dirasakan sesamanya.

Ungkapan yang diberikan ketika seseorang merasakan simpati biasanya adalah “I’m sorry to hear that”, kan, B’timers? Dan tak sedikit yang berusaha menawarkan bantuan sebagai bentuk dukungan. Sedang mereka yang berempati cenderung lebih mampu mengambil cara yang paling tepat di dalam membantu seseorang yang sedang kesusahan. Hal ini karena pengalaman.

Nah, sudah tahu beda simpati dengan empati, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE