Obati Stres Kerja dengan Tanaman di Atas Meja! | Breaktime
Obati Stres Kerja dengan Tanaman di Atas Meja!
01.09.2015

Bagaimana kondisi meja kerja B’timers, adakah tanaman di atas meja kerja Anda? Selain sebagai hiasan, menurut penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan dari Norwegian University of Life Sciences dan Uppsala University pada tahun 2011 lalu, ternyata tanaman yang diletakkan di atas meja kerja bisa mempengaruhi kondisi mental dan emosi seseorang.

Terkesan sepele, akan tetapi menggunakan tanaman di tempat kerja sangat efektif ‘bunuh’ stres
Terkesan sepele, akan tetapi menggunakan tanaman di tempat kerja sangat efektif ‘bunuh’ stres

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan melibatkan 385 pekerja dan mengamati jumlah izin tidak masuk kerja karena sakit atau alasan lainnya. Dari hasi hasil penelitian dan pengamatan tersebut, para ilmuwan menarik kesimpulan bahwa pekerja yang memiliki tanaman di atas meja kerjanya, lebih jarang izin sakit dibandingkan yang tidak memiliki tanaman di atas mejanya.

Baca juga: APA YANG ADA DI BALIK MOTIVASI KERJA KERAS ORANG JEPANG?

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ternyata, tanah memiliki volatile atau sejenis mikroorganisme yang baik untuk kesehatan, seperti mengurangi stress , menurunkan risiko sakit kepala, mencegah tenggorokan kering dan batuk, sampai dengan menjaga kelembapan kulit.

Keberadaan tanaman di atas meja sangatlah membantu dan dianjurkan sekali, khususnya bagi Anda yang bekerja di ruangan tanpa jendela. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar dari Washington State University, menyebutkan bahwa ruangan kerja yang memiliki banyak tanaman dapat membuat produktivitas kerja meningkat hingga 12%.

Memang terkesan sepele ya, B’timers. Tapi keberadaan tanaman di atas meja kerja ternyata memberikan efek positif untuk sisi mental, emosi dan kesehatan.

Share This Article