Obati Galau dengan Tertawa! | Breaktime
Obati Galau dengan Tertawa!
24.04.2015
“A day without laughter is a day wasted”

-Charlie Chaplin-

B’timers, tahukah Anda bahwa tertawa bukan hanya pelambang keceriaan semata? Dengan ber-haha hihi, seseorang juga akan mendapatkan manfaat untuk kesehatannya. Mulai dari memperbaiki mood dan menghilangkan galau, sampai mencegah penyakit-penyakit fisik yang berbahaya.

Tidak percaya? Yuk, simak informasi mengenai berbagai manfaat tertawa yang sudah Breaktime rangkum berikut ini:

Tertawa memiliki efek menyembuhkan
Tertawa memiliki efek menyembuhkan

Manfaat tertawa untuk kesehatan fisik

  • Tertawa dapat menyehatkan jantung karena pemompaan oksigen ke organ tersebut berjalan lebih lancar. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland, tertawa juga bisa memperlancar peredaran darah.
  • Tidak hanya melancarkan sirkulasi darah ke otak, jantung, dan organ lainnya, tertawa selama 10 menit juga dapat menurunkan tekanan darah hingga 10-20 mm. Penderita darah tinggi harus banyak-banyak tertawa, nih!
  • Tidak hanya organ-organ penting saja yang mendapatkan manfaat dari tertawa, akan ada sekitar 10-40 kalori dalam tubuh yang akan terbakar ketika seseorang tertawa dalam kurun waktu sekitar 15 menit.

Manfaat tertawa untuk kesehatan mental

  • Dengan tertawa maka segala stress dan rasa galau yang B’timers alami akan berkurang. Ketika tertawa, tubuh memproduksi hormone endorphin yang memiliki sifat mirip morfin dan mampu memperbaiki mood, meredakan sakit, serta memicu munculnya sel-sel limbosit yang bertugas sebagai pembunuh stress alami.
  • Seperti yang ditulis Norman Cousin dalam bukunya “Anatomy of an Illness”, tertawa selama kurang lebih 10 menit bisa memunculkan perasaan rileks dan membuat Anda lebih mudah tidur. 

Jadi, kalau B’timers ingin lebih sehat dan bebas galau, perbanyaklah tertawa! Bisa dengan nonton acara komedi, membaca komik lucu, atau saling bertukar cerita dengan orang-orang terdekat. 

 

Share This Article