Nonton Film Horor bisa Bikin Sehat, Benarkah? | Breaktime
Nonton Film Horor bisa Bikin Sehat, Benarkah?
20.09.2017

B’timers sudah lama ingin menghilangkan berat badan tanpa capek berolahraga atau susah payah diet? Anda akan terkejut melihat banyaknya tips di Internet mengenai cara mengurangi berat badan dengan mudah. Salah satu tips yang bakal membuat Anda menggelengkan ekpala ialah bahwa bercinta dipercaya mampu membakar kalori setara dengan berbagai jenis olahraga kardio lainnya, yakni hingga 144 kalori. Tapi tahukah Anda bahwa menonton film horor dapat membakar kalori lebih banyak, yakni sebanyak 200 kalori dalam sekali waktu?

Tak hanya sekedar mitos, berbagai penelitian ilmiah telah dilakukan untuk membuktikan bahwa film horor secara signifikan mampu mengurangi berat badan Anda. Berbagai adegan ngeri dan jumpscare dalam film horor terbukti mampu meningkatkan denyut jantung Anda saat menontonnya. Dampaknya, sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi semakin lancar dan tubuh Anda menjadi semakin sehat. Produksi hormon adrenalin pun turut meningkat dan berpengaruh langsung dalam memperbaiki suasana hati dan menurunkan selera makan. Riset yang diadakan di Universitas Westminster, Inggris, menemukan bahwa aliran adrenalin selama 90 menit mampu membakar 113 kalori, setara dengan berjalan kaki selama sejam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini yang Dilakukan Orang Sukses di Akhir Pekan

Selain menurunkan berat badan secara signifikan, menyaksikan film horor juga berpengaruh positif terhadap kinerja otak. Fluktuasi emosi yang B’timers alami selama memnonton film horor dapat mendorong produksi hormon serotonin, glutamat, dan dopamin pada otak. Ketiga hormon tersebut merupakan pemicu aliran adrenalin pada tubuh Anda. Proses semacam itu lebih cenderung terjadi pada wanita, terutama bermanfaat untuk mengurangi stres dan rasa gelisah serta memunculkan rasa waspada dalam diri Anda. 

Nonton Film Horor bisa Bikin Sehat, Benarkah? | Breaktime
Hidup sehat dengan menonton film horor

Selain bagi kesehatan fisik, film horor juga bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Banyaknya adegan menegangkan dalam film horor secara tidak langsung mampu menyiapkan mental Anda untuk menghadapi permasalahan hidup yang datang secara tak terduga. Berbagai upaya survival yang dilakukan sang karakter utama dalam film horor akan Anda serap secara bawah sadar untuk diterapkan dalam kehidupan nyata. Menyaksikan film horor dijamin akan membantu B’timers untuk lebih waspada terhadap datangnya bahaya dan mendorong Anda untuk bersikap defensif dengan sigap.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Sukses Presiden Direktur Auntie Anne’s

Meski B’timers mengetahui bahwa film horor yang Anda saksikan tersebut fiktif belaka, terdapat insting purba yang telah tertanam dalam otak manusia mengenai dorongan untuk survival dan mempertahankan diri. Ketika hidup Anda sehari-hari terbiasa dengan kenyamanan dan rutinitas yang itu-itu saja, film horor akan membangkitkan kembali ketakutan alami Anda. Sama halnya dengan ketakutan yang dialami secara alamiah oleh para nenek moyang manusia di masa purbakala dahulu yang terbiasa menghadapi bahaya setiap harinya, mulai dari gejala alam ekstrem hingga serangan predator. Tak hanya meningkatkan kewaspadaan, menyaksikan film horor juga dapat menjadi semacam stimulus yang memunculkan sensasi ekstasi, sama halnya dengan konsumsi narkoba namun tanpa adanya abhaya yang signifikan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Apa Kata Meja Kerja Tentang Kepribadian Anda

B’timers mungkin berpikir bahwa film horor cenderung membangkitkan ketakutan dan kegelisahan dalam diri Anda. Padahal, berbagai hormon dopamin, glutamat, dan serotonin yang dilepaskan sel otak saat menyaksikan film horor cenderung membuat sistem kekebalan tubuh Anda meningkat. Selain menjadikan tubuh Anda bertambah kuat, seluruh sistem organ dalam tubuh Anda secara otomatis akan menjadi rileks dan santai. Pada gilirannya, menonton film horor juga dapat mengurangi tingkat stres akibat permasalahan dalam dunia nyata. Tak hanya menghilangkan stres dan gelisah berlebihan, emosi yang Anda rasakan saat menonton film horor dapat membantu Anda melawan depresi.

Berkebalikan dengan adegan mengerikan nan menakutkan, film horor rupanya sering digunakan oleh para psikolog dalam sesi terapi untuk menyembuhkan ketakutan hingga fobia pada pasien mereka. B’timers masih ragu untuk menambahkan nonton film horor dalam daftar hobi Anda yang tak hanya seru tapi juga menyehatkan? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE