Nggak PD-an? Mudah Kok, Cara Menyembuhkannya! | Breaktime
Nggak PD-an? Mudah Kok, Cara Menyembuhkannya!
05.10.2015

Pastinya sudah banyak orang yang pernah mendengar kata PD atau singkatan dari percaya diri. Bahkan mungkin di antara B’timers sekalian juga kerap kali mengucapkan atau menggunakan kata tersebut.

Secara umum, percaya diri adalah suatu kondisi mental seseorang saat merasa yakin bahwa dia mampu dalam melakukan sesuatu setelah terjadinya proses evaluasi alami yang dapat memberikan rasa nyaman dan keyakinan kuat pada dirinya.

Ada orang yang sangat mudah untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya dan ada pula yang membutuhkan media atau cara khusus dalam membangkitkan rasa tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan berpakaian dan mengeksplorasi segala hal yang menjadi personal style atau gaya diri sendiri dapat membuat seseorang lebih percaya diri dalam beraktivitas atau tampil di depan umum.

Walaupun ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa tampil PD dengan personal style itu hanyalah sarana seseorang untuk dapat menutupi rasa ke-kurang percaya dirian mereka saja, namun menurut seorang profesor dari University of Hertfordshire, Karen Pine, menjelaskan bahwa ada hubungan yang sangat besar antara rasa percaya diri dengan pakaian atau penampilan.

Dengan tampil ‘salah kostum’ maka dalam satu hari beraktivitas, seseorang akan merasa minder, tidak percaya diri bahkan kehilangan performa terbaiknya. Untuk itu dibutuhkan trik khusus untuk dapat membangun rasa percaya diri melalui personal style.

Ketahui lingkungan

Salah bergaul justru akan membuat Anda sebagai bahan pergunjingan
Salah bergaul justru akan membuat Anda sebagai bahan pergunjingan

Di dalam masyarakat, secara langsung atau tidak langsung muncul berbagai macam lapisan atau golongan yang setiap golongan tersebut mempunyai karakter berbeda-beda. Ketika B’timers merasa tidak dapat menyamai style atau juga gaya hidup suatu kelompok, ada baiknya untuk memilih melangkah keluar karena semakin Anda berada di dalam lingkaran tersebut dan tidak mampu untuk menyamai personal style dari anggotanya, maka perasaan minder dan kecil hati akan tumbuh secara perlahan.

You are what you wear

Penampilan memiliki peran penting dalam membangun persepsi di masyarakat
Penampilan memiliki peran penting dalam membangun persepsi di masyarakat

Istilah “You are what you wear” adalah nyata apabila dibawa ke dalam ranah masyarakat, karena sekarang ini banyak orang yang lebih menilai seseorang dari tampilan luar daripada apa yang dimiliki atau kemampuan orang yang bersangkutan.

Untuk itu, apabila B’timers tergolong orang yang cuek dan tidak terlalu memperhatikan penampilan atau pakaian, maka ada baiknya untuk mulai memadupadankan antara your own style dengan gaya yang sedang in sekarang ini.

Santai

Dengan santai dan lebih tenang, maka pesona dan karisma juga akan ikut terbantu muncul
Dengan santai dan lebih tenang, maka pesona dan karisma juga akan ikut terbantu muncul

Personal style dalam hal ini bukan terpaku pada outfit yang dikenakan saja, melainkan juga pada segala hal, termasuk salah satunya adalah sikap. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri ketika berada di depan umum selain berpakaian yang layak, bergaya santai dan selalu tersenyum juga sangat efektif, lho.

Doktrin diri

Perlu kiranya bagi Anda untuk ‘menghipnotis’ diri sendiri agar dapat tampil percaya diri
Perlu kiranya bagi Anda untuk ‘menghipnotis’ diri sendiri agar dapat tampil percaya diri

Salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam proses penumbuhan rasa percaya diri adalah dengan melepaskan rasa tidak percaya terhadap diri sendiri. Jangan biarkan pemikiran-pemikiran negatif, seperti tidak keren, tidak ganteng atau cantik, miskin atau juga kegendutan mempengaruhi Anda.

Jika B’timers mendapatkan negative feedback dari orang lain, maka jangan langsung dimasukkan hati dan berhentilan memikirkannya. Satu-satunya cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah menumbuhkan kekuatan dan kepercayaan bahwa diri Anda mampu.

Dengan santai dan tersenyum, selain dapat membuat orang-orang di sekeliling B’timers juga ikut tenang, tubuh juga akan memproduksi hormon endorphin yang dapat membuat Anda merasa segar dan sirkulasi darah di wajah juga meningkat.

Share This Article