Ngantor di Rumah Rawan Bosan, Ini Solusinya! | Breaktime
Ngantor di Rumah Rawan Bosan, Breaktime Punya Solusinya!
10.11.2015

Bebas mengenakan outfit apa saja sepanjang hari, leluasa memilih jam berapa saja untuk bekerja, dan bisa diselingi melakukan berbagai aktivitas lainnya, membuat bekerja di rumah jadi pilihan yang menggiurkan.Banyak orang sekarang ini sudah mulai memilih bekerja sebagai freelancer dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Namun, pekerjaan tetaplah pekerjaan yang bisa menimbulkan kejenuhan dan menciptakan rasa stres. Untuk mengantisipasi dan meminimalisir stres saat bekerja di rumah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Definisikan secara pasti apa makna berkerja untuk Anda

Ngantor di Rumah Rawan Bosan, Ini Solusinya! | Breaktime
Definisikan sendiri apa makna bekerja untuk diri sendiri

Meskipun bekerja di rumah, bukan berarti Anda bisa seenaknya sendiri, ya. Bukan berarti Anda bisa menyelesaikan deadline seenaknya tanpa memperhatikan waktu dan mengabaikan sisi profesional. Maka dari itu, mesipun bekerja di rumah sendiri, usahakan untuk tetap menjaga profesionalitas.

Miliki ruang bekerja sendiri

Ngantor di Rumah Rawan Bosan, Ini Solusinya! | Breaktime
Untuk bisa fokus, milikilah ruang kerja sendiri meski di rumah

Ruang bekerja tentunya sangat penting untuk dimiliki meski di rumah. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan Anda agar tetap produktif meskipun di rumah sendiri. Carilah tempat paling nyaman menurut Anda atau desain sendiri ruang yang pas digunakan untuk bekerja.

Pindahkan kantor ke tempat lain

Ngantor di Rumah Rawan Bosan, Ini Solusinya! | Breaktime
Bekerja di rumah terus tentunya bosan, Anda bisa bekerja di coffee shop

Ketika sudah jenuh di rumah, Anda bisa mencari tempat lain yang lebih nyaman untuk bekerja, misalnya saja kafe atau perpustakaan umum. Dengan bekerja di luar rumah, Anda bisa bertemu dengan orang baru untuk sekedar ngobrol dan saling menyapa. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terkungkung dan stress.

Buatlah jadwal harian

Ngantor di Rumah Rawan Bosan, Ini Solusinya! | Breaktime
Jadwal yang rapi akan mempermudah aktivitas Anda

Bekerja sendiri di rumah memang bisa lebih fleksibel. Tapi, Anda tetap membutuhkan jadwal yang teratur agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan tak memicu stres. Dengan membuat jadwal harian sendiri, Anda akan lebih mudah menghitung seberapa tinggi produktivitas setiap hari. Selain itu, Anda akan mudah untuk mengatur jadwal untuk aktivitas yang lainnya agar tidak saling bertabrakan.

Jangan batasi komunikasi dengan dunia luar

Ngantor di Rumah Rawan Bosan, Ini Solusinya! | Breaktime
Hanya sekedar menyapa dan tersenyum pada orang lain sudah cukup

Jangan jadikan alasan bekerja di rumah untuk tidak bertemu dengan orang-orang setiap harinya. Bertemu secara face to face dengan orang lain akan membuat Anda merasa terkoneksi dengan lingkungan sosial. Sadarilah, Anda juga makhluk sosial yang membutuhkan banyak interaksi dan pertolongan orang lain.

Bisa bekerja mandiri di rumah merupakan hal istimewa yang tak mudah didapatkan semua orang lho, B’timers! Maka dari itu, jaga ritme kerja Anda agar tetap maksimal dan bisa menghasilkan pendapatan sesuai yang diinginkan (ya)

Share This Article