Mudah Terbawa Perasaan, Menulislah! | Breaktime
Mudah Terbawa Perasaan, Menulislah!
26.08.2015

Apa yang B'timers lakukan ketika sedang sedih atau marah? Melampiaskannya dengan menangis atau melakukan kegiatan lain? Saat seseorang mengalami kesedihan, jantung akan berdetak pelan dan otak terfokus pada sebuah permasalahan saja. Akibatnya, Anda bisa akan sulit berpikir dan berisiko mengalami stres serta depresi.

Untuk menghilangkannya, setiap orang punya cara tersendiri, salah satunya dengan menulis. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh UCLA Psychologists, menulis dapat membantu seseorang lebih tenang karena otak bisa menyalurkan semua beban ke dalam untaian kalimat. Hal ini disebut dengan melabeli kata-kata dengan emosi. Saat Anda menuliskan kata ‘marah’ atau ‘sedih’, maka di dalam tulisan tersebut sedikit terkandung perasaan yang membebani Anda.

Menurut Jessie Gruman, PhD, executive director dari Center for the Advancement of Health di Washington, membiasakan menulis saat perasaan sedang buruk bisa membantu Anda untuk berpikir lebih jernih. Saat menulis apa yang kita rasakan di atas selembar kertas atau mengetikkannya melalui laptop, Anda memiliki kesempatan untuk berpikir ulang tentang hal tersebut dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Membawa perasaan ke dalam tulisan bisa juga ‘menghasilkan’

Tak ada ruginya menuliskan apa yang Anda rasakan
Tak ada ruginya menuliskan apa yang Anda rasakan

Selain ampuh dijadikan pelepas stres, membawa perasaan yang dalam saat menulis ternyata juga menghasilkan sesuatu yang lain. Coba tengok Paulo Coelho atau BJ. Habibie yang meluapkan pemikiran dan perasaannya lewat tulisan. Tak hanya bisa meredakan kesedihan yang mereka rasakan, tulisan tersebut juga bisa menginspirasi orang lain dan menghasilkan uang.

Menulis memang tidak bisa menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Tapi hal ini bisa meredakan kesedihan atau kemarahan dengan cara yang positif. Jangan membuat diri Anda tersesat di tengah perasaan tak enak, berusahalah bangkit dan lakukan sesuatu yang bermanfaat.

Share This Article