Moody Ternyata Bisa Berkepribadian Ganda, Lho! | Breaktime
Moody Ternyata Bisa Berkepribadian Ganda, Lho!
16.04.2017

Manusia diciptakan sebagai mahluk sosial yang memiliki kewajiban berinteraksi dengan sesamanya. Ketergantungan manusia terhadap sesamanya adalah hal yang mutlak. Interaksi yang diciptakan tidak sebatas interaksi dalam memenuhi kesenangan semata. Melalui interaksi yang tercipta, kerap kali  menjadi masalah baru dalam hati seseorang yang berujung akar kepahitan di dalam hati. Hal ini disebut sebagai gangguan psikis pada manusia. Melalui gangguan problem psikis tersebut muncullah pakar-pakar psikologi untuk membantu menanganinya. Dalam perjalanan para ahli psikologi sering ditemukan adanya perubahan suatu gangguan yang mengarah kepada jenis gangguan yang lebih kompleks.

Interaksi manusia dengan sesama memaksanya untuk mampu mempertahankan keberadaan jati dirinya. Tidak sedikit manusia yang kehilangan jati diri sehingga tidak mampu mengendalikan diri sehingga kehilangan jati diri yang mengakibatkan manusia memiliki kepribadian ganda atau saat ini lebih dikenal dengan Gangguan identitas disosiatif (GID). Seseorang yang memiliki kepribadian ganda adalah seseorang yang mengalami gangguan jiwa yang berasal dari akibat trauma parah pada masa kanak-kanak dan remaja. Pada tahap ini seorang individu biasanya mengalami pengalaman traumatis yang cukup ekstrim dan terjadi berulang kali yang mengakibatkan terbentuknya dua atau lebih kepribadian yang berbeda. Pada fase anak-anak dan remaja, manusia pada fase ini sedang mencari-cari jati diri yang sering kali berubah-ubah yang lebih dikenal dengan kata labil.

Moody Ternyata Bisa Berkepribadian Ganda, Lho! | Breaktime
Moody ternyata juga bisa membahayakan

Baca juga : WOW! INI CIRI JIKA ANDA TIPE PENDENGAR YANG BAIK

Kepribadian ganda merupakan gangguan psikis manusia yang menghasilkan banyak dampak berbeda-beda terhadap individu tertentu. Gangguan psikis (soul) yang terjadi pada manusia umumnya juga berpengaruh terhadap pola pikirnya (mind). Hal tersebut terlihat dari dampak yang dihasilkan. Seseorang yang memiliki kepribadian ganda memiliki mood swings yang ekstrim, dimana pola perasaan yang mudah berubah secara drastis. Ketika mood-nya berubah buruk, ia bisa berubah menjadi sangat depresi, pesimis, putus asa, bahkan mencoba bunuh diri. Suasana hati meningkat secara klinis disebut sebagai maniak atau jika ringan hypomania. Individu yang mengalami maniak juga sering mengalami depresi, atau gejala, atau campuran dimana kedua fitur maniak dan depresi hadir pada waktu yang sama.

Moody Ternyata Bisa Berkepribadian Ganda, Lho! | Breaktime
Mulailah belajar untuk mengendalikan perasaan

Baca juga : AWAS, INI TANDA-TANDA STRES YANG SERING TERLEWAT

Ada empat jenis mood dalam Bipolar Disorder, antara lain adalah  mania, hypomania, depresi, dan campuran. Episode ini biasanya dipisahkan oleh periode “normal” suasana hati (soul) yang lebih mengarah terhadap jenis mood seseorang , tetapi dalam beberapa depresi, individu dan mania mungkin berganti dengan sangat cepat, yang dikenal sebagai “rapid-cycle”. Manic episode Ekstrim kadang-kadang dapat menyebabkan gejala psikotik seperti delusi dan halusinasi (mind) yang memainkan pikiran individu tersebut. Seseorang yang memiliki kepribadian ganda dengan type mood extream disebut sebagai kepribadian ganda tipe bipolar.

Bipolar yang merupakan salah satu jenis kepribadiaan ganda adalah gangguan psikis yang banyak menyerang anak-anak dan remaja. Gangguan jiwa bipolar saat ini sudah menjangkiti sekitar 10 hingga 12 persen remaja di luar negeri. Di beberapa kota di Indonesia juga mulai dilaporkan penderita berusia remaja. Resiko kematian terus membayangi penderita bipolar dan itu lebih karena mereka mengambil jalan pintas. Gejala-gejala dari tahap mania bipolar disorder adalah gembira berlebihan, mudah marah, cepat berpindah dari satu ide ke ide lainnya menyusun rencana yang tidak masuk akal berbicara sangat cepat sehingga sukar dimengerti apa yang dibicarakan menghamburkan uang, merasa sangat mengenal orang lain, dan sulit tidur. Well, B’timers, mulailah mengampuni orang lain dan jangan menyimpan akar pahit dalam hati Anda. (K)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE