Moody, Benarkah Tanda Kepribadian Ganda? | Breaktime
Moody, Benarkah Tanda Kepribadian Ganda?
24.11.2016

Tuntutan pekerjaan dan ekspektasi masyarakat di masa kini, sering jadi tolak ukur kebahagiaan seseorang. Bukan tidak mungkin, termasuk B’timers juga.  Bahkan, jumlah “like” di media sosial seperti Facebook, atau “like” di foto Instagram, jadi penentu kepuasan sebagai bentuk eksistensi diri. Nah, fenomena “memenuhi ekspektasi orang” inilah yang juga menjadi salah satu penyebab mood swing. Tapi, apa itu mood swing?

Mood swing merupakan perubahan suasana hati yang sangat cepat dan tiba-tiba. Seperti, perasaan senang, bahagia yang meledak-ledak, namun dalam sekejap bisa berubah menjadi sedih. Pernah mengalami yang seperti ini? Biasanya keadaan mood yang seperti ini sering dikaitkan dengan bipolar atau disebut sebagai kepribadian ganda, karena memiliki dua sisi karakter yang bertolak belakang. Tidak hanya orang awam, bahkan selebritis tingkat dunia pun mengalami permasalahan bipolar ini seperti Demi Lovato, Kurt Cobain hingga Britney Spears, lho.

Tapi dalam kenyataannya banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut, bahkan menganggap perubahan mood secara drastis sebagai hal yang biasa. Lalu, apakah benar sifat moody memberikan pengertian, bahwa Anda berarti memiliki kepribadian ganda? 

Moody, Benarkah Tanda Kepribadian Ganda? | Breaktime
Apakah Anda termasuk orang yang moody?

Itu karena, orang dengan kepribadian ganda tidak menyadarinya, bahwa ia selalu mengalami perubahan mood yang drastis. Tapi tunggu, B’timers juga jangan terlalu cepat menyimpulkan jika terkena bipolar. Karena moody juga bisa berarti Anda belum kenal betul dengan diri sendiri. Yes, bagaimana Anda mengenal diri sendiri, sangat mempengaruhi kemampuan Anda mengendalikan mood.

Well, mood sendiri pada dasarnya adalah keadaan yang wajar dan dialami oleh hampir setiap orang. Tapi jika ditelisik kembali, sebenarnya mood merupakan indikasi bagaimana Anda mengenal karakter dan kepribadian diri sendiri. Nah, dengan begitu maka bisa dipastikan jika pengendalian mood tidak dilakukan dengan baik, bisa jadi Anda masih belum mengenali siapa dan bagaimana diri Anda, terutama tentang sisi emosional.

Mungkin Anda memiliki kecerdasan intelektual yang lebih tinggi, di mana Anda selalu berpikir dan bertindak mengikuti logika. Atau, bisa jadi kecerdasan emosional Anda lebih bermain, dan Anda mengutamakan perasaan serta hati dalam menyikapi masalah. Well, nothing is wrong with both of them. Namun, yang terbaik adalah jika keduanya berjalan beriringan dan seimbang. Ingat bahwa Anda hidup untuk menjadi diri sendiri dan bukan memenuhi ekspektasi orang lain. Dan ya, moody mungkin sulit dihindari, namun B’timers bisa mengatasinya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE