Moms, Ini Tips Ajarkan Buah Hati Mulai Berpuasa! | Breaktime
Moms, Ini Tips Ajarkan Buah Hati Mulai Berpuasa!
19.06.2017

Anak kecil yang belum mencapai usia pubertas, memang belum diwajibkan untuk menjalani puasa pada bulan Ramadan, B’timers. Namun Anda sebagai orangtua tetap bisa mengenalkan kepada buah hati apa itu ibadah puasa dan caranya untuk menjalankan ibadah puasa. Jadi setelah mereka telah cukup usia, di saat itu mereka sudah terbiasa menjalankan ibadah meskipun tak disuruh, B’timers.

Lalu bagaimana cara kita untuk mengajarkan anak cara berpuasa untuk pertama kalinya? Well, mengajar anak untuk berpuasa pertama kalinya memang sedikit berat untuk setiap orangtua. Sebagian anak ingin menjalankan puasa seperti yang dilakukan oleh anggota keluarganya, namun sebagian anak yang lain tak ingin untuk berpuasa.

Eits, jangan khawatir, B’timers. Karena ada tips yang bisa Anda lakukan untuk mengajari mereka mulai berpuasa tanpa membuat mereka berani untuk ikut berpuasa. Yuk, intip tipsnya di bawah ini!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Begini Pengaruh Puasa Untuk Kehidupan!

Sebelum Anda mengajarkan kepada anak-anak untuk berpuasa, Anda wajib memberitahukan pada buah hati mengenai pemahaman pertama tentan puasa dan alasan kenapa setiap umat Muslim wajib puasa di setiap tahunnya. Setelah buah hati mengerti tentang arti di balik puasa Ramadan, mereka akan menjadi jauh lebih mudah untuk diajari bagaimana berpuasa, B’timers.

Moms, Ini Tips Ajarkan Buah Hati Mulai Berpuasa! | Breaktime
Berikan pelajaran pertama tentang alasan kita harus berpuasa

Jangan ajarkan mereka tanpa terlebih dahulu Anda menunjukkan contoh kepada mereka, B’timers. Anda memang bisa dengan mudah mengajarkan pada buah hati bagaimana cara untuk berpuasa, namun tidak sedikit anak yang baru akan mengerti setelah mereka diberikan contoh, lho. Hal itu adalah sesuatu yang sangat wajar, pasalnya anak adalah peniru yang paling sempurna. So, mulailah dari diri Anda dulu, ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gemar Baca Buku Dapat Pengaruhi Perilaku Sosial?

Tidak perlu memaksa mereka untuk ikut berpuasa hingga sehari penuh jika ini adalah pertama kali bagi mereka untuk berpuasa, B’timers. Berilah anak-anak kelonggaran saat menjalani puasa pertama mereka. Yang perlu Anda ingat adalah, bahwa anak-anak masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, di saat ini mereka masih membutuhkan banyak asupan nutrisi. Selain itu anak juga masih cukup sulit dalam mengendalikan keinginan untuk makan dan minum. So, bersabarlah dalam mengajari mereka, B’timers.

Moms, Ini Tips Ajarkan Buah Hati Mulai Berpuasa! | Breaktime
Hindari memarahi mereka jika tak berpuasa sehari penuh

Apabila masih berat untuk mereka berpuasa, Anda bisa mulai mengajak mereka untuk berpuasa terlebih dahulu dari beberapa jenis makanan tertentu, B’timers. Mintalah mereka untuk menghindari memakan coklat atau keripik selama mereka berpuasa, namun mereka boleh memakan makanan lain. Lakukan ini secara bertahap, hingga mereka terbiasa menjalani puasa tanpa makan apapun seharian.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa

Nah, terlep[as dari berapa jam si kecil telah menjalani puasa pertama mereka, Anda bisa memberi anak Anda hadiah atas prestasinya tersebut, lho, B’timers. Hal ini akan mendorong mereka untuk berpuasa lebih baik lagi di hari berikutnya. Penghargaan seperti ini terkadang dibutuhkan oleh anak-anak dalam melakukan hal yang baik. Namun pastikan pada mereka bahwa hadiah tak selalu ada agar mereka tahu.

Cara lainnya untuk membuat buah hati terdorong menjalankan ibadah puasa bersama yang lain adalah dengan menawarkan makanan favorit mereka saat puasa berakhir, B’timers. Cara ini juga terbukti bisa membuat anak-anak merasa senang dan dihargai. Namun berikan pilihan makanan dan minuman yang menyehatkan untuk mereka pilih, ya?

Selamat mengajarkan anak untuk mengawali langkah kecil mereka melakukan hal yang baik! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE