Moms, Ini Cara Melindungi Buah Hati dari Narkoba | Breaktime
Moms, Ini Cara Melindungi Buah Hati dari Narkoba
26.06.2017

Tidak jauh berbeda seperti ketika Anda ingin melindungi buah hati Anda dari penyakit tertentu, misalnya campak dan penyakit lainnya, sebagai orangtua kita tentu akan langsung mengimunisasi mereka dengan macam-macam imunisasi. Namun bagaimana halnya jika mereka harus mengalami kecanduan terhadap narkoba maupun obat-obatan terlarang, B’timers? Adakah tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan?

Hampir setiap minggu, kita selalu mendengar kabar menyedihkan mengenai kematian para remaja yang terjadi karena overdosis maupun kecanduan. Well, kecanduan adalah penyakit yang terjadi berdasarkan kelainan biokimia. Kondisi ini merupakan kombinasi antara kelainan biokimia, pengonsumsian obat yang mereka ambil dan kurangnya pendidikan, lho, B’timers.

Pencegahan akan jauh lebih baik dan mudah dibandingkan dengan mengobati kecanduan. Karena itulah jika Anda menunggu hingga buah hati berusia remaja atau sekitar 13 – 14 tahun lebih dahulu untuk kita berikan pengetahuan, maka hal itu sudah akan sangat terlambat. Yuk, ketahui cara yang benar di dalam melindungi dan mendidik anak dari serangan narkoba dan kecanduan lainnya!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Begini Pengaruh Puasa Untuk Kehidupan!

Usahakan Anda menjadi sosok orangtua yang selalu suportif kepada anak-anak, B’timers. Lakukan trik ini jauh sebelum mereka memiliki masalah. Cobalah untuk mendukung segala sesuatu yang positif di dalam kehidupan buah hati, misalnya nilai pelajaran yang bagus, memiliki prestasi yang bisa dibanggakan pada cabang olahraga ataupun hobi mereka. Pastikan mereka tahu Anda memperhatikan hal-hal positif.

Moms, Ini Cara Melindungi Buah Hati dari Narkoba | Breaktime
Bantu buah hati untuk belajar mengerti yang benar dan salah

Adalah peran utama dari setiap orangtua untuk membantu kesadaran dari anak-anak untuk mempelajari tentang apa yang benar serta juga apa yang salah, B’timers. Jangan lupa juga untuk mengajarkan kepada mereka bahwa, setiap tindakan negatif selalu memiliki konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan. Ingatlah, untuk menunjukkan sikap tegas sangat berbeda dengan menjadi jahat untuk anak-anak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gemar Baca Buku Dapat Pengaruhi Perilaku Sosial?

Untuk mengetahui apakah buah hati Anda terjebak di dalam penggunaan obat-obatan terlarang hingga narkoba, ada baiknya Anda melakukan tes obat secara acak kepada buah hati Anda. Terutama jika Anda menaruh curiga pada mereka telah menggunakan narkoba, B’timers. Yang salah selama ini adalah, Anda melakukan tes narkoba setelah mereka kecanduan. Ubah mindset Anda dan lakukan yang sebaliknya.

Moms, Ini Cara Melindungi Buah Hati dari Narkoba | Breaktime
Hindari menyalahkan anak jika kedapatan mengonsumsi narkoba

Cara yang disarankan untuk melindungi dan mendidik anak Anda dari buruknya serangan narkoba yaitu dengan memberitahukan kepada anak Anda tentang bahaya hingga tanda-tanda yang ditunjukkan para pecandu narkoba, B’timers. Berikan penjelasan betapa buruknya dampak yang diakibatkan oleh narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. Pastikan mereka mengerti jika Anda adalah pengamat yang terbaik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara melibatkan diri Anda di dalam setiap kehidupan buah hati tercinta Anda, B’timers. Jadilah orangtua yang aktif terlibat di dalam olahraga, hobi dan minat yang mereka miliki. Bahkan Anda sebagai orangtua juga perlu selalu melibatkan diri di setiap kegiatan di sekolah. Bukan artinya mengekang mereka, namun jadilah orangtua yang peduli terhadap hal kecil.

Yang perlu Anda sadari sebagai orangtua di era modern seperti ini adalah tak ada seorang pun yang bisa menjadi orangtua terbaik bagi anak-anak mereka, B’timers. Setiap orangtua punya ketidaksempurnaan, namun yang bisa menutupi ketidaksempurnaan Anda sebagai orangtua adalah dengan menerapkan pola asuk yang baik dan tidak mementingkan diri Anda sendiri, B’timers. Jagalah keseimbangan dalam rumah.

Dengan cara itu, Anda bisa melindungi dan mendidik anak-anak dari dampak buruk narkoba, B’timers. Karena anak-anak tidak mungkin terjerat dalam jarring narkoba jika memiliki lingkungan keluarga yang nyaman, hangat serta aman sebagai tempat berlindung, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE