Cara Tepat Mengatasi Stress Sebelum Proses Persalinan | Breaktime
Mom-to-be, 4 Hal Ini Bisa Redam Ketakutan Menghadapi Persalinan
05.08.2015

Selain masalah keuangan dan parenting, hal-hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum memiliki momongan, adalah masalah kesiapan mental dan reduksi emosi saat menjelang persalinan. Uniknya, tidak sedikit dari pasangan suami-istri yang justru lebih merisaukan masalah biaya persalinan, nama bayi, pakaian, serta mainan untuk si Kecil, daripada mengelola sisi emosi dan mental.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya persiapan mental sangatlah penting dilakukan oleh calon ibu untuk menghindari baby blues setelah persalinan? Berikut Breaktime bagikan kiatnya:

Pencarian informasi terkait persalinan

Banyak informasi terkait persalinan yang bisa didapatkan di buku atau internet
Banyak informasi terkait persalinan yang bisa didapatkan di buku atau internet

Dengan mencari lebih banyak informasi terkait persalinan, perasaan takut dan cemas akan berkurang. Cobalah mengikuti kelas-kelas khusu ibu hamil dan memperbanyak membaca informasi seputar persalinan di buku ataupun internet. Anda juga dapat ‘berguru’ ke ibu-ibu lainnya yang sudah pernah melahirkan untuk mendapatkan lebih banyak ilmu bermanfaat dan meredam rasa cemas berlebih.

Mengasah sense of focus

Dengan yoga, calon ibu akan merasa lebih tenang
Dengan yoga, calon ibu akan merasa lebih tenang

Bukan hanya fisik yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi proses persalinan, namun juga kekuatan mental. Untuk itu, tak ada salahnya rutin melakukan relaksasi dan yoga selama masa kehamilan karena bisa mengasah kepekaan dan melatih penguasaan emosi serta meningkatkan ketenangan.

Mengenali sumber ketakutan

Mengenali sumber ketakutan bisa mempermudah Anda untuk mengontrol rasa takut
Mengenali sumber ketakutan bisa mempermudah Anda untuk mengontrol rasa takut

Apa yang membuat Anda takut? Kemungkinan bayi lahir cacat, suasana rumah sakit yang tidak nyaman, rasa sakit saat melahirkan, atau biaya persalinan? Kenali sumber ketakutan Anda dan minta bantuan pasangan untuk mengatasinya. Percayalah, semua akan baik-baik saja dan Anda akan bahagian saat melihat senyum buah hati nanti.

Merencanakan persalinan dengan matang

Waterbirth pun dapat dilakukan di rumah, tapi dengan bantuan tenaga medis tentunya
Waterbirth pun dapat dilakukan di rumah, tapi dengan bantuan tenaga medis tentunya

Saat ini sudah banyak proses persalinan yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan sang ibu, misalnya saja waterbirth. Proses ini bisa dilakukan di rumah dan kabarnya tidak menimbulkan rasa sakit berlebih seperti persalinan pada umumnya. Cara ini sangat populer dilakukan di Eropa, Amerika Serikat, dan Rusia.

Untuk mengurangi stres, perbanyak juga kegiatan positif yang bisa menghibur hati Anda, misalnya memasak, menonton film, atau melukis. Dan jangan segan berbagi kecemasan dengan pasangan supaya pikiran Anda tetap tenang dalam menghadapi proses persalinan.

Share This Article