Mewarnai, Aktivitas Sederhana yang Bisa Hilangkan Stress | Breaktime
Mewarnai, Aktivitas Sederhana yang Bisa Hilangkan Stress
24.08.2015

Karya seni dua dimensi seperti lukisan memang memukau, apalagi jika diciptakan pelukis ternama. Untuk menghasilkan sebuah lukisan yang indah, ada yang langsung menggunakan pewarna, ada juga yang melakukan sketching terlebih dahulu agar lukisan tampak lebih sempurna.

Tapi tahukah B'timers, di balik sejuta keindahan sebuah karya ternyata tahap mewarnai dapat menghilangkan stres. Saat mata menangkap pantulan, otak akan meresponnya melalu pelepasan hormon positif. Akibatnya tubuh akan menjadi lebih tenang, senang, dan terlepas dari stres.

Seorang psikolog pada awal abad 20, Carl. G. Jung melakukan sebuah penelitian terkait penghilangan stres tanpa menggunakan obat antidepresan. Pada saat Carl melakukan penelitian tersebut, ia sama sekali tidak melibatkan anak kecil dan hampir seluruhnya adalah orang dewasa.

Hasilnya, beberapa orang yang bersentuhan langsung dengan aktivitas mewarnai terlihat lebih tenang dan lepas dari stres daripada mereka yang menggunakan obat antidepresan. Selain itu, banyak juga relawan yang mengatakan aktivitas mewarnai membuat mereka bersemangat kembali dalam menjalani aktivitas.

Paduan warna-warni indah bisa menghilangkan stres
Paduan warna-warni indah bisa menghilangkan stres

Ada penelitian lain yang dilakukan oleh Gloria Martinez Ayala, seorang psikolog asal Spanyol. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa mewarnai bisa mengaktifkan berbagai area berbeda di dua belahan otak besar. Ia juga menjelaskan bahwa mewarnai adalah sebuah kegiatan yang melibatkan logika dan kreativitas, maka dari itu hampir seluruh bagian otak bekerja. Selain menghilangkan stres, mewarnai juga efektif untuk membantu otak lebih sehat dan memaksimalkan cara berpikir.

Ayo B'timers, luangkan sedikit waktu Anda untuk mewarnai aneka gambar. Tidak harus menjadi yang terbaik, cukup tuangkan kreativitas dan coba rasakan apa yang terjadi setelah Anda melakukan kegiatan tersebut.

Share This Article