Merasa Waktu 24 Jam Sehari Itu Kurang? Ini Sebabnya
Merasa Waktu 24 Jam Sehari Itu Kurang? Ini Sebabnya
21.12.2015

Mungkin B’timers merasa ada sangat banyak hal yang harus diselesaikan, dan seakan tak ada waktu yang cukup untuk menyelesaikan semuanya. Selain itu, meski satu pekerjaan sudah beres, pekerjaan lain sudah menunggu dan daftar pekerjaan Anda terasa makin panjang saja. Padahal, kenyataanya tidak seperti itu, lho.

Sebenarnya, tanpa disadari itu berarti kita sudah terlalu banyak membuang waktu. Kok bisa? Ya, sebab kita sering melakukan hal-hal tidak penting yang tak membantu kita mencapai tujuan. Lalu, apa saja yang hal yang membuat waktu kita jadi terbuang?

Melakukan apa yang orang lain kira penting untuk Anda

Apakah saat pagi Anda dengan intens mengecek apa yang harus dilakukan seharian? Padahal Anda sudah punya rencana kerja yang disusun kemarin untuk hari ini. Maka, yang perlu Anda lakukan adalah menyelesaikan pekerjaan utama Anda, barulah beralih ke pekerjaan lainnya.

Berkata “ya” untuk semuanya sehingga Anda tak punya batasan

Membantu orang lain memang perlu, namun selalu berkata “ya” justru akan membuat Anda berlari-lari dari satu hal ke hal lain, tanpa benar-benar menyelesaikan satu pekerjaan. Pilihlah yang menjadi prioritas dan selesaikan dengan baik apa yang bisa Anda selesaikan.

Menjadi perfeksionis di setiap hal yang dilakukan

Melakukan segala sesuatu dengan detail memang hebat. Namun, bukankah memang tak ada yang sempurna? Kelola waktu Anda dengan lebih baik dan selesaikan pekerjaan Anda dengan baik, itu cukup. Jika ternyata belum “sempurna”, Anda pun bisa segera memperbaikinya.

Menjadi “sibuk” untuk menutupi sikap menunda-nunda

Jika Anda pernah merasa bekerja dengan sibuk seharian, namun tak begitu ingat apa yang sudah dikerjakan, bisa jadi Anda hanya “sibuk mengerjakan sesuatu” tanpa benar-benar menyelesaikan pekerjaan. Fokuslah pada apa yang Anda kerjakan daripada hanya sekedar “terlihat sibuk”.

Mengerjakan banyak hal sekaligus dan tidak satu per satu

Banyak orang mengira mengerjakan banyak hal sekaligus alias multi-tasking sangat efektif. Padahal, itu jusru membuat Anda tidak fokus, bahkan hasil pekerjaan bisa jadi berantakan. Fokuslah pada satu hal saja dalam satu waktu, selesaikan itu, barulah ke pekerjaan lainnya.

Itulah yang bisa membuat Anda merasa waktu yang dimiliki selalu saja kurang. Bahkan, mungkin 24 jam sehari seakan tak pernah cukup. Cobalah tenang dan dengan pikiran yang jernih, sadari apa yang membuat Anda selalu merasa tak punya cukup waktu. Kemudian, lakukan perubahan untuk membuat waktu B’timers lebih berharga, efektif dan efisien.

Share This Article