Cara Jitu Mengatasi Kesepian Di Tempat Ramai | Breaktime
Merasa Kesepian di Tengah Keramaian? Ini yang Harus Anda Lakukan
10.08.2015
Even when it seems that there is no one else, always remember there's one person who never ceased to love you - yourself.”


― Sanhita Baruah

Pernahkah B’timers merasa sangat kesepian meskipun tengah berada di antara keramaian atau  berpura-pura bahagia dengan keadaan yang serba tak menyenangkan? Tidak bisa dipungkiri banyak individu melakukan hal tersebut hanya untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa ia baik-baik saja dan memiliki hidup yang sempurna, padahal kenyataanya tidak.

Awalnya mungkin menyenangkan berpura-pura jadi orang yang bahagia. Tapi lama-lama, hanya rasa sakit dan lelah yang akan Anda dapatkan. Sebelum semuanya terlambat, coba lakukan hal berikut untuk keluar dari situasi tersebut:

Pahami bahwa selalu merasa sendiri adalah sebuah perasaan bukan kenyataan

Ketika kesepian, sistem di dalam otak akan membuat perasaan tersebut jadi berlebihan. Sebab, otak telah dirancang untuk lebih memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan rasa sakit dan bahaya, merasa sendirian adalah salah satunya.

Perlu Anda ketahui, merasa sendirian, ditinggalkan, dan dicampakkan adalah sebuah perasaan yang munculnya hanya dalam diri Anda sendiri, bukan kenyataan yang harus dihadapi. Jadi, pandai-pandailah dalam memilah apakah hal tersebut hanyalah perasaan semata atau memang benar-benar sebuah kenyataan.

Alihkan kegalauan dengan membantu orang lain

Bantu orang lain untuk mengalihkan perhatian dari rasa kesepian
Bantu orang lain untuk mengalihkan perhatian dari rasa kesepian

Anda mungkin bisa tersenyum dan tertawa seolah-olah tidak ada yang terjadi, padahal hati sedang dalam keadaan terluka. Menurut Anirban Mukhopadhyay, dari University Science and Technology Hongkong, berpura-pura bahagia seolah tidak ada apa-apa malah akan membuat diri sendiri jadi lebih sedih dan kacau.

Maka dari itu, jangan terlalu membesar-besarkan perasaan kesepian karena Anda malah akan semakin terpuruk. Namun juga tidak perlu untuk berpura-pura bahagia, tersenyumlah setulus mungkin dan alihkan perasaan terbuang tersebut dengan membantu orang lain.

Lakukan sesuatu untuk melawan rasa kesepian

Seperti halnya kondisi fisik, perasaan juga sering mengalami ups and down. Jika sudah memahami hal ini dengan sangat baik, Anda bisa membuat sebuah rencana untuk menanggulangi dan menghadapinya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk melawan kesepian, misalnya lebih banyak berinteraksi dengan teman-teman sehobi atau membuka sebuah usaha baru.

Carilah orang-orang dengan ketertarikan yang sama

Bertemu teman yang memiliki ketertarikan sama akan menghilangkan rasa sepi
Bertemu teman yang memiliki ketertarikan sama akan menghilangkan rasa sepi

Sekarang ini banyak sekali sarana yang bisa menjembatani Anda dengan mereka yang memiliki ketertarikan serupa, misalnya saja melalui social media. Setelah menemukan teman-teman dengan ketertarikan yang sama, Anda bisa berbagi pengetahuan, perasaan, dan juga pengalaman berharga. Hal ini perlahan-lahan akan mengajarkan Anda untuk membangung sebuah pertemanan yang berharga. Dan berteman bisa mengobati kesepian Anda.

You only live once, jangan sia-siakan hidup B’timers dengan berpura-pura bahagia tapi kenyataannya terus bersedih. Nikmati hidup, dan bukalah hati untuk mendapatkan cinta dari orang-orang yang Anda kasihi.

Share This Article