Merasa Diri Jatuh di Titik Nadir? Tenangkan Pikiran Dulu, Yuk! | Breaktime
Merasa Diri Jatuh di Titik Nadir? Tenangkan Pikiran Dulu, Yuk!
20.09.2015
“When something goes wrong in your life, just yell ‘Plot Twist!’ and move on.”

Hidup ini memang punya selera humor unik. Semua rencana manis yang telah tersusun rapi tiba-tiba bisa berantakan dan menghempaskan Anda jauh ke titik nadir. Di saat hal itu terjadi, sergapan rasa kecewa siap mencabik hati hingga membuat diri serasa tak berarti. B’timers pernah merasakannya?

Namun, seperti kata seorang penyair ternama sekaligus pensiunan guru besar UI, Sapardi Djoko Damono, hati kita sendiri lebih unggul dari derita, lebih unggul dari putus asa, lebih unggul dari sepi. Karenanya, B’timers berhak kembali menegakkan kepala dan berjalan maju tanpa kenal lelah. Berikut hal yang perlu Anda lakukan when everything goes wrong and puts you down:

Berdamai dengan keadaan

Anda tak bisa menemukan kedamaian dengan lari dari kenyataan. Sebaliknya, terimalah segala hal yang terjadi dengan hati lebih lapang. Jadikan kegagalan ini sebagai kesempatan untuk belajar lebih dalam dan bisa mendewasakan diri lebih baik.

Berpikir positif

Daripada menjejali kepala dengan pikiran negatif seperti ‘kenapa semua ini harus terjadi padaku’ tanpa ujung, carilah hal apa yang bisa Anda syukuri. Fokus pada hal-hal baik yang selama ini didapat bisa menguatkan diri ketika terjatuh.

Satu kegagalan tak lantas melenyapkan semua nikmat yang telah diraih, bukan? Masih ada keluarga yang memberikan dukungan penuh dan tentunya diri sendiri yang berhak dibahagiakan.

Berdamailah dengan keadaan dan cintai diri seutuhnya
Berdamailah dengan keadaan dan cintai diri seutuhnya

Perbaiki diri

Pernah jatuh sampai merasa tak sanggup mengangkat wajah tak bisa dijadikan alasan Anda stuck dengan keadaan. Justru, bangkitlah menjadi kupu-kupu cantik yang rela melakukan “metamorfosis diri” ke arah yang lebih baik.

Jangan ragu untuk memulai perbaikan diri dari hal-hal kecil. Bila Anda konsisten memperbaiki kelemahan diri secara bertahap, suatu saat B’timers akan tumbuh menjadi orang yang lebih tangguh dengan segudang karya dan potensi yang bikin orang tak percaya bahwa Anda pernah ada di titik nadir.

Jangan berhenti berencana

Pernah terjatuh dengan sangat dalam karena gagalnya rencana tak berarti membuat Anda hidup mengalir seenaknya. Bagaimanapun, B’timers harus punya arah hidup yang lebih baik. Buatlah target baru dan langkah konkret yang bisa diambil untuk menyelesaikannya secara bertahap.

Manjakan diri

Ini adalah momen yang pas bagi B’timers untuk lebih mencintai diri sendiri seutuhnya. Lakukan hal-hal fun yang bisa bikin happy tanpa perlu ruin your body! Menenggelamkan diri dengan membaca buku, perawatan spa, fitness, shopping, lakukan aktivitas yang bisa membangkitkan passion dan bikin Anda berpikir masih banyak hal menyenangkan untuk dilakukan daripada meratapi suatu rencana atau hubungan yang kandas.

Ayo, B’timers kembalilah menjadi sosok yang tangguh seperti dulu. Percayalah ada banyak hal baik di dunia ini yang terlalu sayang untuk dipandang sempit

Share This Article