Merasa Boros Saat Puasa Ternyata Ini Penyebabnya | Breaktime
Merasa Boros Saat Puasa? Ternyata Ini Penyebabnya!
08.06.2017

Bulan Ramadhan adalah momen terbaik untuk kita melakukan hal-hal positif. Mulai dari perkataan hingga perbuatan. Ada sebagian orang yang memanfaatkan bulan puasa sebagai waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan alias diet. Ada juga yang memanfaatkannya untuk menghemat gaji bulanan. Yap, karena selama bulan puasa Anda tidak mungkin, kan jajan di siang bolong? Meski begitu, pasti masih ada di antara B’timers yang merasa boros saat bulan puasa.

Apa yang menyebabkan Anda gigit jari saat bulan puasa melihat pundi-pundi harta lenyap tanpa bekas? Ternyata semua memang ada faktor yang harus dihindari mulai sekarang. Apa saja ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Penuh Haru dari Tradisi Buka Puasa Bersama

Salah mengatur finansial jadi hal pertama yang seringkali terjadi. Setiap bulan selalu ada harga barang atau kebutuhan pokok yang melonjak. Apalagi saat datangnya bulan Ramadhan yang dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menaikkan harga jual. Nah, kalau nggak mau boros solusinya adalah mulai mengatur keuangan sejak jauh-jauh hari. Memilah-milah uang yang akan digunakan. Kalau tidak, ya Anda bisa membeli bahan-bahan pokok jauh sebelum bulan puasa datang sebagai tabungan. Simple as that.

Tapi bukan hanya salah mengatur finansial, boros juga bisa karena diri Anda sendiri. Saat sedang berpuasa, banyak orang pasti merasa lapar mata. Memang saat siang Anda tidak bisa jajan. Tapi ketika menjelang bebuka seringkali ngabuburit dengan berburu takjil. Nah, di sinilah waktu balas dendam dimulai. Semua makanan akan terlihat enak, sehingga Anda ingin membeli semuanya. Padahal ini justru salah, karena selain membuat boros, makanan yang Anda beli nantinya tidak akan disantap semua dan jadinya mubadzir.

Merasa Boros Saat Puasa Ternyata Ini Penyebabnya | Breaktime
Lapar mata jadi masalah paling pelik
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Puasa Saat Hamil, Why Not! Ini Tips & Manfaatnya

Bulan puasa juga jadi ajang silaturahmi paling tepat. Buka bersama salah satunya. Setiap tahun pasti ada banyak teman Anda yang mengajak untuk buka puasa bersama. Nah, kalau Anda turuti semuanya jelas bikin kanker alias kantong kering. Teman SD, SMP, SMA, kuliah, teman kecil, teman bermain, dan masih banyak teman-teman lainnya. Sebaiknya pilih salah satu atau dua teman yang memang jarang sekali Anda bertemu dengan mereka, sehingga nggak terlalu menguras kantong.

Menjelang Lebaran juga bisa jadi malapetaka untuk dompet Anda. Berbagai promo dan diskon akan menari-nari di depan mata Anda. Hal ini paling sulit ditahan oleh sebagian besar orang baik pria ataupun wanita. Bagaimanapun caranya Anda harus ingat bahwa seringkali membeli barang-barang diskon atau sekunder juga tidak akan bermanfaat. Sama halnya dengan lapar mata, pikirkan matang-matang sebelum membeli, meskipun harganya sangat miring.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ingin Puasa Anti Lapar Dan Haus? Bisa!

Membeli baju baru memang boleh saja bagi yang memiliki rejeki berlebih. Tapi kalau baju yang lama masih layak dan bagus, lebih baik kan uangnya disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan atau diarahkan ke sesuatu yang lebih bermanfaat lainnya.

Terakhir adalah melakukan pesta kembang api. Ramadhan dan Idul Fitri adalah suka cita umat Muslim yang merayakannya. Tapi tidak perlu setiap hari melakukan pesta kembang api, karena memang tujuan utama di bulan suci ini adalah banyak beribadah.

Jadi, kalau mau lebih hemat saat bulan puasa, kurangi melakukan hal-hal tersebut selama bulan puasa. Anda bisa menahannya dengan melakukan hal lain yang bermanfaat. Mengalihkan tabungan Anda dengan investasi masa depan yang menguntungkan. Investasi yang seperti apa? Check here ! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE