Menilik Pro dan Kontra Seputar LGBT | Breaktime
Menilik Pro dan Kontra Seputar LGBT
25.02.2016

Jika B’timers belum tahu apa itu LGBT, ini adalah singkatan dari Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender. Sebenarnya permasalahan ini sudah cukup lama beredar di sekitar kita, namun dalam beberapa tahun terakhir terdengar semakin gencar dan banyak dibicarakan, termasuk di Indonesia.

Sebagian berpendapat LGBT berhak mendapatkan persamaan status di masyarakat. Namun, sebagian lagi menentang keras pendapat ini. Apa saja hal terkait pro kontra LGBT ini?

Hak Merawat Anak

  • Pro

Seperti halnya pasangan heteroseksual, pasangan LGBT juga dianggap mampu untuk merawat dan membesarkan anak. Jadi, tak ada salahnya memberikan kebebasan yang sama bagi mereka untuk mengadopsi anak.

  • Kontra

Pasangan sesama jenis sangatlah berbeda dengan pasangan heteroseksual, begitu pula dalam merawat serta membesarkan anak. Tak sedikit hasil studi yang menunjukkananka sebaiknya dibesarkan dalam lingkungan normal sehingga membesarkan anak dalam keluarga LGBT adalah suatu hal yang salah. Meski tak semua anak terpengaruh, namun kebutuhan tiap anak berbeda.

Menilik Pro dan Kontra Seputar LGBT | Breaktime
Bagaimana dengan kebahagiaan dan kenyamanan mereka?

Diterima di masyarakat

  • Pro

Salah satu pro kontra LGBT yang paling sering menjadi perdebatan. LGBT merupakan hal yang tidak dapat dipilih ataupun dihindari. Sebaiknya tidak ada lagi diskriminasi terhadap kaum LGBT dan memberikan kesempatan mereka untuk hidup nyaman dalam masyarakat.

  • Kontra

Pemberian hak untuk diterima di masyarakat bagi kaum LGBT dianggap menjadi pemicu kelompok-kelompok lain menuntut hal yang sama. Misalnya kelompok penganut aliran agama yang menyesatkan. 

Menilik Pro dan Kontra Seputar LGBT | Breaktime
Apa arti pasangan sesungguhnya?

Peningkatan kualitas hidup

  • Pro

Kelompok LGBT dianggap berbeda karena orientasi seksual yang tidak wajar. Mereka juga manusia yang ingin diterima di tengah masyarakat, hidup nyaman dan diinginkan. Peningkatan kualitas hidup di sini, termasuk mengembalikan hak mereka untuk saling memiliki di masyarakat.

  • Kontra

Hubungan yang sewajarnya adalah antara pria dan wanita. Selain itu adalah tidak normal dan dianggap menyimpang.

Tak sedikit pendukung HAM yang menyuarakan LGBT untuk mendapatkan hak yang sama di masyarakat. Sebaliknya tak sedikit pula kelompok yang menyuarakan LGBT merupakan kebiasaan buruk dan sebaiknya dilakukan pencegahan agar tidak meluas. Pro kontra LGBT menjadi topik hangat yang tak habis dibicarakan akhir-akhir ini. Bagaimana menurut B’timers sendiri? (dfr) 

Share This Article